Header Ads

Wujudkan Kota Ramah Lingkungan, DLH Kobi Perkenalkan Program E-Co Office


Kota Bima, Garda Asakota.-

Rencana Walikota Bima mengimplementasikan Kota Ramah Lingkungan di Kota Bima dan jauh dari Sampah, didukung sepenuhnya oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima. Mendukung komitmen ini, DLH mulai melaksanakan program baru, yakni program E-Co Office. Program ini merupakan program yang menghantarkan masyarakat dalam hidup sehat dan hemat menggunakan barang yang pantas digunakan.

Kata Kepala DLH Kobi, program Eco Office adalah kantor peduli lingkungan dengan tujuannya menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, nyaman serta menyehatkan. Selain itu Eco Office bertujuan juga untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemakaian sumber daya alam.

"Semisal menggunakan gelas plastik dalam aktifitas kantor. Karena menggunakan plastik semacamnya, hanya digunakan sekali pakai lalu dibuang tanpa berarti lagi,"  ujar Kepala Dinas DLH kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, M.AP, kepada Garda Asakota Jumat (23/8), dihalaman eks kantor Bupati Bima.

Saat ini, kata dia, di internal DLH sendiri sudah memulainya untuk tidak menggunakan bahan berbau plastik dan penggunaan galon untuk air minum. "Tujuan program tersebut salah satunya, tentu bagaimana menghemat kebutuhan kantor termasuk sekolah-sekolah di wilayah Kota Bima. Pastinya, program ini dijalankan untuk mengimplementasikan Kota Ramah Lingkungan sesuai visi-misi Walikota dan Wakil Walikota Bima," katanya.

Hal lain yang bisa dikerjakan dari program  antara lain adalah penghematan listrik dan air, penggunaan kertas seefisien mungkin, memilah sampah organik dan non organik. Dan yang paling penting adalah mengubah perilaku. "Menghemat penggunakan listrik misalnya, di siang hari harus membuka horden dan tidak diperboleh menyalakan lampu, karena akan berpengaruh sengatan matahari. Bahkan saat rapatpun, tak diperbolehkan lagi menyediakan jajan yang dikemas plastik, begitu juga dengan air mineral di masing-masing ruangan DLH sudah disiapkan termos,' jelasnya.

Alwi mengaku, di provinsi Bali program ini sudah 100 porsen dijalankan, bahkan sudah merambah ke sekolah-sekolah. Untuk itu, diharapkan kepada semua OPD lingkup Pemkot Bima agar mulai melaksanakan Program E-Co Office ini sebelum dilengkapi dengan Perda yang dikeluarkan oleh Walikota Bima. "Insya Allah dalam waktu dekat, kami akan mensosialisasikan kepada semua OPD, termasuk di sekolah-sekolah," sebutnya. (GA. 355*)




No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.