-->

Notification

×

Iklan

Wagub NTB Lantik Hj Niken Jadi Ketua Forikan

Friday, August 9, 2019 | Friday, August 09, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-08-08T23:35:50Z

Mataram, Garda Asakota.-

Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc resmi dilantik menjadi Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan)  Provinsi NTB, Masa Bhakti 2019-2023. Istri Gubernur itu dilantik oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, di Pendopo Gubernur NTB,  Rabu (07/08/2019).

Sebagai Katua Umum, Hj. Niken akan bertugas melakukan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan dengan semua bidang yang ada dalam struktur kepengurusannya. Selain itu, Hj. Niken bertugas melakukan koordinasi dengan seluruh instansi pemerintah dan non pemerintah terkait dengan Forikan.

Saat ditanya terkait sejumlah trobosan yang akan dilakukannya untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi warga NTB, Hj. Niken menjelaskan akan menyiapkan sejumlah langkah agar masyarakat NTB gemar makan ikan.

"Besok pagi kita akan konsolidasi seluruh pengurus dan akan ada pengarahan pembentukan program kerja," jelasnya usai pelantikan.

Ia mengungkapkan masyarakat perlu diberikan penyadaran agar produksi ikan yang melimpah di NTB ini bisa dikonsumsi dan dinikmati oleh masyarakat. Ia akan menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan bahkan hingga pemerintah desa untuk menggalang kekuatan mengampanyekan makan ikan.

"Kita akan lakukan kampanye dari berbagai macam sudut. Ada dari bidang promosi, pemerintah dan masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Hj. Niken juga menjelaskan masyarakat NTB kadang masih belum paham kenapa harus mengonsumsi ikan. Bahkan katanya, nelayanpun jarang makan ikan. Sebab, ikan hasil tangkapan itu, dijual dan sering dibelikan makanan yang murah dan instan, seperti mie instan.

Karena itu, ia manergetkan dalam waktu lima tahun ke depan,  masyarakat NTB sudah menjadikan ikan sebagai kebutuhan sehari-hari. Sehingga posisi NTB untuk konsumsi ikan bisa masuk di angka sepuluh besar.

Tingkat konsumsi ikan masyarakat NTB tahun 2018 berada pada level 38,2 kg perkapita. Meski meningkat dibanding tahun sebelumnya, sekitar 35,49 kg perkapita, namun masyarakat NTB perlu diberikan pemahaman agar senantiasa senang dan gemar makan ikan. Secara nasional,  NTB berada di posisi tengah-tengah untuk kegemaran makan ikan. Yang tertinggi adalah Provinsi Maluku dengan tingkat konsumsi sekitar 70 kg perkapita.

Karena itu, saat Pelantikan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan)  Provinsi NTB masa Bhakti 2019-2023 di Pendopo Gubernur NTB, Rabu (07/08/2019), Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mendorong dan mengajak masyarakat untuk selalu makan ikan. Sebab,  selama ini masih banyak masyarakat yang belum paham manfaat makan ikan.

Wagub Umi Rohmi mengungkapkan, apabila masyarakat senang makan ikan maka akan diperoleh banyak manfaat dan keuntungan.

"Kita tahu betul ikan itu banyak gizinya. Ada proteinnya,  ada Omega 3-nya,  bermanfaat bagi kesehatan jantung, kesehatan pembuluh darah, menurunkan potensi kangker juga, untuk meningkatkan kecerdasan tentunya," jelas Ummi Rohmi di hadapan para pengurus Foikan provinsi dan kabupaten/kota.

Sehingga lanjutnya,  tidak ada alasan bagi masyarakat NTB untuk tidak makan ikan. Sebab, seluruh ibu-ibu di NTB ini paham manfaat yang diperoleh apabila sering makan ikan. Bahkan memperolehnya pun tidak terlalu sulit.

"Mudah-mudahan, melihat trennya yang semakin hari semakin baik, masyarakat NTB semakin sadar menfaat mengonsumsi ikan," harapnya sembari menjelaskan bahwa ikan yang dimakan adalah yang sehat dan tidak terkontaminasi dengan zat-zat kimia.

Karena itu, Ummi Rohmi mengajak semua pihak untuk bersinergi dan bekerjasama untuk menggerakkan masyarakat agar mau mengonsumsi ikan. Tidak hanya dilakukan oleh Forikan dan Dinas Perikanan dan Kelautan saja. Namun, seluruh elemen, seperti tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh budaya, tokoh wanita dan seluruh pegurus organisasi di NTB. (**)
×
Berita Terbaru Update