Header Ads

Wabup Bima Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah Bersama Ribuan Jemaah

Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan kegiatan sholat Idul Adha 1440 Hijriyah bersama ribuan warga masyarakat di halaman kantor Bupati Bima Minggu pagi (11/8). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Dahlan M. Noer, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Kapolres Bima, para Asisten, Staf Ahli, Kabag lingkup Setda Bima, Kepala OPD, Ketua MUI, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, dan Baznas Kabupaten Bima.


Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer, mengungkapkan bahwa Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam.

Idul Adha memiliki dua makna penting yaitu ketakwaan manusia atas perintah Khalik dan makna dimana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan perintah kurban.

Demikian halnya Idul Qurban, menjadi hari besar kemanusiaan dan keimanan, memancarkan cahaya kekaffahan tauhid, menuntun jiwa untuk bersikap istiqomah dalam “Amar Makruf-Nahi Munkar”. 

"Inilah peristiwa agung yang mensejarah, mengilhamkan kepada kita semua tentang betapa pentingnya merajut kasih silaturrahmi, meningkatkan penghargaan atas harkat kemanusiaan serta mempatrikan rasa tanggungjawab guna mentransformasi hakikat nilai Islam menjadi ragam aksi nyata,"  ungkapnya.

Melalui momentum Idul Adha, pihaknya mengajak seluruh muslimin/muslimat Dana Mbojo untuk meneladani kecintaan Nabiullah Ibrahim dan Ismail terhadap sesama manusia, terhadap lingkungan dan terhadap generasi muda.

"Terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun Dana Mbojo  tercinta., Hidup patuh pada ajaran Allah dan Rasul serta pada norma-norma, hukum dan peraturan-perundangan, ciptakan lingkungan yang memungkinkan semua warga berkreasi, mencari rezki dan pendapatan yang dapat meningkatkan derajad ekonomi dan mutu hidup," ajaknya.

Sementara, Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah MUI Kabupaten Bima, Dr. Salahuddin, M.Pd, dalam taussiahnya mengulas peristiwa perjalanan hidup Nabi Ibrahim dan keluarganya, yang sekarang menjadi laboratorium kehidupan umat manusia yang akan berlangsung sepanjang masa. Bahkan momentum itu, kata dia, dikenang lewat rangkaian ibadah haji hingga saat ini.

"Pada hari ini misalnya, jemaah haji dari berbagai penjuru dunia sedang melontarkan jumrah di Mina sebagai simbol perlawanan kepada semua bentuk kemungkaran dan kedzaliman di muka bumi ini," demikian antara lain ulasannya.

Pantauan langsung wartawan, pelaksanaan salat Idul Adha di halaman kantor Bupati Bima berjalan lancar dan penuh khidmad. Sebelum salat Ied dimulai, panitia juga membacakan rekapan hewan qurban tahun 2019 yang dibacakan oleh Ketua PHBI Kabupaten Bima, Rahmi, S.Sos.

Bantuan itu diantaranya dari pemerintah Kabupaten Bima 21 ekor Sapi yang disalurkan untuk 18 Kecamatan, bantuan dari Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, berupa 20 ekor Sapi yang disalurkan ke 18 Kecamatan, bantuan dari Bank NTB Syariah Cabang Bima sebanyak 4 ekor Sapi, bantuan dari Gubernur NTB, 2 ekor Kambing yang diperuntukan bagi warga masyarakat Desa Runggu Kecamatan Belo serta bantuan 1 ekor kambing yang diperuntukan bagi desa Maria Kecamatan Wawo. (GA. 212*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.