-->

Notification

×

Iklan

Tanpa Menggerakkan UMKM, Target Pencapaian 10 Ribu Tenaga Kerja Nonsens

Sunday, August 4, 2019 | Sunday, August 04, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-08-04T00:26:56Z
Firdaus, ST, MM.


Kota Bima, Garda Asakota.- 

Inovasi sangat diperlukan sebagai bagian dari andil mendorong pertumbuhan ekonomi dan UMKM di daerah. Hal ini dikatakan Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Bima, Firdaus, ST, MM, kepada Garda Asakota di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima, Sabtu (03/8).

Firdaus menilai pertumbuhan UMKM di Kota Bima hingga saat ini dapat dikatakan jarang yang naik kelas. Karena secara kasat mata, kata dia, UMKM Kota Bima masih berada di seputaran itu saja. Harusnya, kata dia, untuk meningkatkan potensi itu, semua produk yang dimiliki saat ini harus banyak diversifikasi atau dikemas secara baik.

"Ini tujuannya, supaya produk yang dikembangkan di Kota Bima saat ini memiliki daya saing di berbagai daerah lainnya," tegasnya.

Dicontohkannya, diversifikasi berbusana serta produk lainnya harus dilakukan promosi secara intens. Karena menurutnya UMKM di Kota Bima sedikit ketinggalan. "Untuk itu pemerintah harus mampu memberikan suntikan positif supaya UMKM di Kota Bima tidak ketinggalan dengan daerah lain." sebutnya.

Sebab untuk mencapai target 10 ribu tenaga kerja yang dicanangkan Pemkot Bima saat ini, tanpa menggerakkan potensi UMKM, angka itu tak mungkin dapat dicapai, logisnya di sisi sektor mana yang harus diambil bila tidak menggerakkan UMKM.

"Artinya di sisi itu, perlu peningkatan kelas atau omset dari UMKM itu sendiri. Karena dengan peningkatan tersebut dapat menyerap tenaga kerja dan membualka lapangan kerja. Tapi jika tidak mampu membuka lapangan kerja, pastinya mereka tidak akan naik kelas," katanya.

Naik kelas yang dimaksudnya adalah dari sisi omsetnya, misal omsetnya dapat ditingkatkan dari sisi produksinya, sehingga sisi produksinya dapat menciptakan lapangan kerja yang baru atau penambahan pemasaran, dan baru dapat dikatakan naik kelas. "Jika tidak naik kelas maka tenaga kerjanya tidak ada penambahan alias jalan ditempat," terangnya.

Menurutnya, untuk menunjang upaya meningkatkan taraf ekonomi di tengah masyarakat, diperlukan inovasi-inovasi positif. Salah satunya, kata dia, seperti kegiatan yang dihelat pemerintah melalui Hut Koperasi dan hari UMKM, merupakan kegiatan positif dalam rangka meningkatkan UMKM.

"Supaya lebih dikenal di berbagai daerah maupun nasional, UMKM di Kota Bima harus banyak melakukan promosi, dan mampu merancang berbagai inovasi baru sebagai salah satu wadah promosinya sekaligus bagaimana merangsang pertumbuhan ekonomi dan UMKM di Kota Bima," sarannya.

Ditambahkannya, sebenarnya untuk meningkatkan UMKM dan agar dikenal dipasaran nasional, harus ada peran serta pemerintah. Supaya prodak-prodak di Kota Bima dapat bersaing jernih dengan daerah lainnya.

"Saya berharap lewat HUT Koperasi dan UMKM yang dihelat pemerintah saat ini, dapat membawa UMKM kita lebih meningkat dan dapat menciptakan tenaga-tenaga kerja baru menuju perekonomian yang sejahtera," harap Firdaus. (GA. 355*)
×
Berita Terbaru Update