Header Ads

Sikapi Pernyataan Walikota, KASN: Kepala Daerah Silahkan Menyatakan Apa Saja

Walikota Bima, HM. Lutfi, SE.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Walikota Bima, HM. Lutfi, SE, menilai rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) agar mengembalikan jabatan ASN yang didemosi beberapa waktu lalu, hanya sebuah rekomendasi saja. Sebab menurutnya, rekomendasi tersebut bukan perintah. Sehingga bagi kepala daerah, bisa menjalankannya atau juga bisa tidak dijalankan.

Menanggapi pernyataan Walikota Bima, Humas KASN mempersilahkan kepala daerah menyatakan apa saja karena yang jelas KASN tetap akan bertindak di dalam koridor hukum yang berlaku. Dalam bekerja, kata dia, KASN telah bekerjasama dengan beberapa pihak seperti KPK, BKN, BPK dan Kemendagri yang bisa melakukan tindakan hukum sesuai tugas dan fungsinya.

Menurut Taufik, bila diperlukan, maka sesuai amanat UU No.5/2014 KASN dapat melaporkan tugas dan fungsinya (kepala daerah, red) kepada Presiden. "Jadi, kepala daerah boleh dan silakan menyatakan apa saja, yang jelas KASN bertindak di dalam koridor hukum,"  tegas Taufik Abdullah, kepada wartawan, Sabtu 17 Agustus 2019.


Meski demikian, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada Walikota Bima untuk mempertimbangkan rekomendasi yang sudah dilayangkan KASN. Pihaknya kedepan akan terus memantau mana saja ASN yang dikembalikan ke jabatan semula atau tidak.

Sebelumnya, KASN mengeluarkan rekomendasi untuk Walikota Bima, perihal kebijakan mutasi dan demosi yang dilakukan beberapa bulan lalu. Rekomendasi tersebut pun bersifat harus segera dilaksanakan oleh Walikota Bima. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.