-->

Notification

×

Iklan

Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kobi 2019, Juara 1 PKK Kelurahan Kumbe

Thursday, August 15, 2019 | Thursday, August 15, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-08-15T09:24:37Z
Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima Ny. Jumriah Feri Sofiyan.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di Sebelah Barat Halaman Kantor Walikota Bima, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Bima menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Bima Tahun 2019. Lomba dibuka oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH,diikuti 40 peserta yang merupakan utusan dari Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Bima.

Feri Sofiyan, SH.



Berdasarkan Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Ir. Syamsuddin kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden RI Nomor 22 tahun 2009 tentang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis Sumber Daya Lokal dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2009 tentang gerakan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis Sumber Daya Lokal.

Tujuannya, untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, serta aman. Selain itu, dengan adanya lomba diharapkan tumbuh kreatifitas masyarakat umumnya dan keluarga khususnya, dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang, serta aman bagi anggota keluarganya, serta memanfaatkan pangan lokal yang kaya sumber gizi. Dewan juri lomba cipta menu B2SA berasal dari unsur TP PKK Kota Bima, Ahli Gizi Dikes Kota Bima, Ahli Kuliner, serta unsut Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima

Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima Ny. Jumriah Feri Sofiyan mengatakan lomba ini untuk menggali kreatifitas ibu-ibu PKK Kelurahan dalam menciptakan dan mengembangkan resep masakan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bersumber pangan lokal, makanya peserta harus pintar, kreatif dan inovatif dalam meciptakan menu makanan, sehingga tercipta kreasi makanan yang selain menjadi salah satu alternatif pilihan makanan dalam keluarga, juga dapat dijual, sehingga bernilai ekonomis bagi pembuatnya.

“Tapi yang jauh lebih penting sedikit demi sedikit bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap konsumsi makanan beras”, kata Ny. Jumriah

Ny. Jumriah juga mengajak untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam berbagai macam bahan pangan sekaligus mensosialisasikan penganekaragaman pangan kepada masyarakat sekitar dengan mengembangkan beragam kearifan lokal yang mengedepankan nilai gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

“Dengan begitu, tercipta keluarga sehat, cerdas, dinamis dan produktif sesuai dengan program pokok PKK, yaitu HATINYA PKK (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman). Ungkapnnya.

Sementara itu, Wakil Walikota menyampaikan bahwa adanya kasus kekurangan gizi di tengah masyarakat pada dasarnya bukan semata-mata disebabkan karena kurangnya kecukupan pangan rumah tangga, tetapi boleh jadi karena ketidakmampuan kita menciptakan menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi anggota keluarga.

Selain itu, sebagian besar kita belum bisa membebaskan kebiasaan dan persepsi kita tentang makan yaitu harus makan nasi yang nota bene adalah beras, padahal masih banyak bahan lain seperti jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian dan lainnya yang kandungan gizinya beraneka ragam. "Salah satu cara menciptakan SDM yang berkualitas dan unggul adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi masyarakat”, ujar Wawali

Wawali pun berharap lomba ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, tetapi lebih dari upaya meningkatkan sosialisasi mengenai pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman kepada segenap warga sehingga pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK kelurahan meningkat dan pada akhirnya terwujud hidangan B2SA di masing-masing rumah tangga.

Hadir  pada kegiatan tersebut Wakil Walikota, Sekda Kota Bima, Staf Ahli Walikota Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan SDM, Asisten Setda, Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Ketua Bhayangkari, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Bima.

Berikut pemenang lomba B2SA Tingkat Kota Bima Tahun 2019 beserta hadiahnya, juara 1 diraih PKK Kelurahan Kumbe dengan hadiah uang tunai senilai Rp2.000.000, juara II diraih PKK Kelurahan Dara dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.750.000, juara III diraih PKK kelurahan Jatibaru Timur dengan hadiah uang tunai senilai Rp1.500. 000.

Kemudian, juara Kreativitas Terbaik diraih PKK Kelurahan  Monggonao dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000, juara Favorit diraih PKK Kelurahan Pane dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000, juara harapan I diraih PKK Kelurahan Sarae dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000, dan juara harapan II diraih PKK Kelurahan Manggemaci dengan hadiah uang tunai senilai Rp 750.000. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update