Header Ads

Kota Bima Satu-Satunya Kota di Indonesia yang Mendapatkan Program Rutilahu



Kadis Sosial Kota Bima, Drs. H. Muhiddin AS Dahlan, MM.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Kota Bima menjadi satu-satunya kota yang mendapatkan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di tahun 2019 ini yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Drs. H. Muhiddin AS Dahlan, MM, kepada wartawan Selasa pagi, (13/8).

"Dari seluruh Kota se-Indonesia, hanya Kota Bima yang mendapatkan program Rutilahu. Ini sangat luar biasa dan harus diakui geliatnya Walikota dan Wakil Walikota Bima yang terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat Kota Bima," akunya.

Seharusnya, kata dia, yang mendapatkan program Rutilahu ini adalah daerah kabupaten, karena kabupatenlah yang memiliki KAT (Komunitas Adat Terpencil). Tetapi karena Pemkot Bima melalui Dinas Sosial mengajukan proposal untuk mendapatkan program Rutilahu, makanya oleh Pempus disetujui melalui dana hibah. 

"Dan Alhamdulillah berkat proposal itu tim dari Dirjen Penanganan Fakir Miskin sudah turun melakukan verifikasi di lapangan," ungkapnya. Ia memastikan bahwa sebanyak 60 warga miskin yang tergabung dalam enam kelompok  akan mendapatkan bantuan program tersebut dengan alokasi setiap rumahnya sebesar Rp15 juta.

"Jadi, anggaran ini nantinya akan diprioritaskan untuk memperbaiki dinding dan atau atap rumah yang dalam kondisi rusak, dinding dan/atau atap terbuat dari bahan yang mudah rusak/lapuk, dan sesuai kriteria lainnya. Misalkan, rumah yang tidak memiliki ventilasi nanti akan dibuatkan ventilasinya," paparnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.