Header Ads

Dukung Swasembada Garam, DKP Beri Pembinaan ke Pengurus Koperasi


Ir. Hj. Nurma, M.Si.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Untuk mengoptimalkan ikhtiar pemerintah daerah dalam mewujudkan swasembada garam, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menginstruksikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima beserta jajaran melakukan pembinaan kepada sejumlah kelompok petani dan koperasi garam. 
   
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Ir. Hj. Nurma M.Si memaparkan, sesuai arahan Bupati, salah satu prasyarat penting  terciptanya  swasembada garam rakyat yang berkualitas, bukan hanya ditunjukkan melalui peningkatan kualitas garam yang dihasilkan para petani di sentral produksi  yang yang tersebar pada beberapa kecamatan, tetapi juga diselaraskan dengan pembenahan kelembagaan koperasi petani garam.

Untuk tujuan tersebut, dirinya dan beberapa pejabat terkait Minggu (25/8) memberikan pembinaan secara langsung para pengurus "Koperasi Lariti Jaya" Desa Soro Kecamatan Lambu yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus baru periode 2019-2020 di UPT Perikanan Kecamatan Lambu.

Pembinaan para pengurus ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan koperasi petani garam. Sehingga ke depan koperasi ini diharapkan bisa berkiprah lebih maju dan mampu menjadi penopang ekonomi para anggota. 

Pada saat yang sama juga mampu mengurai persoalan yang muncul di tingkat petani tambak. "Misalnya, dalam hal pemasarĂ n dan harga garam, pengelola koperasi mampu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjamin  perbaikan ekonomi, khususnya pendapatan petani garam," terang Hj. Nurma.

Terkait kemitraan antara petani dengan perusahaan pembeli garam, Nurma menjamin bahwa produk garam Bima mampu bersaing. Kemitraan antara pihak perusahaan dengan para petani garam tidak usah diragukan. "Karena yang jelas, dengan kualitas produksi garam kita  yang sesuai permintaan perusahaan akan mampu menembus pasar Nasional. Untuk itu saya berharap Koperasi Lariti Jaya akan mampu menjadi  penampung garam dalam rangka tunda jual. Mari kita bangkit dengan semangat baru dalam rangka swasembada garam berkualitas," ajaknya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.