Header Ads

Antisipasi Kerusakan Hutan, Satgas Dibentuk



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Upaya untuk mengantisipasi dampak kerusakan hutan dan lahan terus diupayakan instansi terkait, antara lain dengan melakukan rapat koordinasi.


Kepala Bidang Penataan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima, Zainal Arifin. ST, M.Si, sesaat setelah Rakor yang di helat di Mapolres Kabupaten Bima Rabu (21/8) menjelaskan bahwa, rapat koordinasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan kegiatan penting untuk mengantisipasi kekeringan dengan potensi muculnya titik api serta kebakaran hutan dan lahan. "Hal ini menjadi atensi khusus sesuai instruksi Presiden RI kepada seluruh kepala daerah, Polri dan TNI se-Indonesia," ungkapnya.

Menurutnya, Rakor yang diikuti 30 peserta dari unsur Kapolsek, BMKG, Camat, DLH, BPBD, Satpol PP,  KPH, SAR, dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, menyepakati pembentukan Satgas yang akan dikoordinasikan dengan seluruh kecamatan terutama beberapa kecamatan rawan terdampak bencana kebakaran hutan seperti Tambora,  Sanggar,  Parado, Monta, Lambitu, Wera, Ambalawi dan kecamatan lainnya.

"Tugas utama Satgas  adalah membangun komunikasi dan koordinasi dan sinergitas antar komponen, serta bergerak bersama dalam melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan". Termasuk pelibatan pihak kecamatan dan pemerintah desa," pungkas Zainal. (GA. 212*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.