Header Ads

Walikota Bima Hadiri Rangkaian Kegiatan HARGANAS 2019 di Banjar Baru


Kota Bima, Garda Asakota.-

Walikota Bima, H Muhammad Lutfi SE menghadiri rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI di Banjarbaru Kalimantan Selatan, 4-6 Juli 2019. Walikota Bima didampingi pula oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya Muhammad Lutfi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima Nurjanah S.Sos, Ketua IBI Kota Bima Nurfauziati, A.Md Keb, SKM,.

Kabag Humaspro Pemkot Bima, H. A. Malik SP, menjelaskan bahwa acara ini dihadiri kurang lebih 15 ribu peserta diantaranya Gubernur, Bupati/Walikota, dan Kepala BKKBN seluruh Indonesia. Puncak acara dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani. Dia hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka acara tahunan tersebut, Sabtu (6/7/2019).

Pada puncak acara harganas, hadir pula Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek. Penginisiasi acara Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo dan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Puan Maharani menjelaskan Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia. Peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia. Ini merupakan harganas yang cukup meriah dan banyak tamu dari seluruh Indonesia. "Apresiasi saya ucapkan ke gubernur yang sudah menggelar acara yang cukup meriah," ujarnya.

Dijelaskan Puan, Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera. Pemerintah memberikan penghargaan untuk program KKBPK sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa mewujudkan program itu di daerahnya.

BKKBN dan Kemenkes menjadi sarana mengingatkan kita semua bahwa mencintai keluarga berarti merencanakan keluarga bahagia. Tugas BKKBN tidak hanya melakukan upaya pengendalian penduduk, tetapi membangun pemahaman dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sehat, berpendidikan dan sejahtera.

Dijelaksannya pula bahwa keluarga menjadi tempat pertama dalam membimbing dan memberdayakan keluarga secara sosial ekonomi budaya. Keluarga berperan penting membangun budi pekerti memperteguh pancasila dalam kehidupan bernegara. Keluarga harus menjadi tempat membangun sikap dalam menghargai perbedaan dan mengedepankan rasa persatuan keluarga Indonesia

“Cinta keluarga itu satu hal yang wajib kita lakukan. Karena dinilai dari keluarga nantinya kita bisa membangun bangsa Indonesia yang baik," sebutnya.

Pada tahun 2020 mendatang pelaksanaan Harganas akan dilaksanakan di Padang, Sumatra Barat. Sementara itu Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dalam laporannya menyampaikan laporan Pada bulan Mei 2019 telah dilaksanakan acara Damai Indonesiaku di Masjid Azz-Zurriyah BKKBN Pusat bekerjasama dengan TV One (siaran langsung); pelepasan mudik bersama ke 40 titik bagi peserta KB dan pasar murah untuk peserta mudik dan masyarakat.

Rangkaian Acara Puncak Harganas dari tanggal 1-6 Juli 2019 dilaksanakan Pelayanan Bhakti Sosial, Donor Darah, Khitanan Massal serta Pelayanan KB MKJP, IVA Test dan seminar di BKKBN Pusat mau pun di Provinsi Kalimantan Selatan; Pada tanggal 3-5 Juli 2019 dilaksanakan GenRe Edu Camp yang diikuti oleh 350 peserta remaja yang diselenggarakan di Bukit Kiram, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tanggal 4 Juli 2019 dilaksanakan pembukaan kegiatan Pameran dan Gelar Dagang, pembukaan pameran dan gelar dagang Harganas oleh Ibu Ketua Umum TP PKK dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Lomba PKK KB – Kesehatan.

Pada tanggal 5 Juli 2019 dilaksanakan Gala Dinner di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin di Balai Kota Banjarbaru dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan Bidang KKBPK Tahun 2019 yaitu penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana.

Dalam kegiatan Harganas tersebut, Pemerintah Kota Bima mendapatkan Penganugerahan Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan  Bidang KKBPK Tahun 2019 yang berhasil diraih oleh Ketua Ikatan Bidan (IBI) Kota Bima Nurfauziati, Amd Keb, SKM. Tanda Penghargaan yang berhasil diraih adalah Wira Karya Kencana yang merupakan penghargaan atas prestasi sebagai tenaga professional dalam mendukung  keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.