Header Ads

Wakil Walikota Bima Hadiri Rakernas APEKSI ke-XVI yang Dibuka Mendagri RI

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH, bersama Walikota Mataram, TGH. Akhyar Abduh di acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVI Tahun 2019 di Aula PO Hotel Kota Semarang, Rabu 3 Juli 2019 

Semarang, Garda Asakota.-

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH, bersama Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVI Tahun 2019 di Aula PO Hotel Kota Semarang, Rabu 3 Juli 2019. Acara yang bertemakan "Penguatan alakosi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah" ini, dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, H. Cjahjo Kumolo, yang juga dihadiri 98 Walikota se-Indonesia.

Mendagri RI, H. Cahyo Kumolo
Peserta APEKSI

Wakil Walikota Bima bersama Ketua GOW, Ny. Jumriah Feri Sofiyan.

Pada kesempatan ini, Cjahjo Kumolo menyampaikan apresiasi tak terhingga kepada seluruh Walikota serta ucapan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota dalam membangun Bangsa dan Negara terutama sekali yang tak hentinya memutar berbagai pola dan inovasi dalam meningkatkan kapasitas di setiap daerahnya.  "Kata kunci dalam membangun sebuah Negara itu harus ada sinergisitas dalam mempertahankan jati diri dan kearifan lokal dalam pengembangan perekonomian di setiap daerah," ucapnya.

Menurutnya, melalui Rakornas Apeksi ke-XIV ini Pemerintah kota  harus mengawal dan mendukung pencapaian sisa sasaran pembangunan dalam RPJMN 2014-2019 agar terlaksana dengan dengan baik.

Di kesemapatan yang luar biasa itu pula, dia juga menyampaikan bahwa dengan agenda Apeksi yang selalu dilaksanakan ini pemerintah kota harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 93 daerah kota dan 5 kota administratif. "Untuk itu saya minta kepada seluruh anggota Apeksi untuk segera mengambil langkah penyesuaian terhadap rancangan RPJMD dengan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih (RPJMN), sehingga sinkronisasi pembangunan pusat daerah berjalan dengan baik," katanya.

Ditengah suasana Rakernas Apeksi yang membahana tersebut lanjutnya, Mendagri juga menegaskan, untuk menunjang dan mendorong pertumbuhan otonomi daerah.  Maka setiap pemerintah kota melalui kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta jajaran aparaturnya, dapat bekerja keras dengan keras untuk kemajuan daerah.

"Semoga saja dengan Rakernas ini, bisa menghadirkan ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi indonesia maju dan berdaulat di masa depan, " imbuhnya.

Pantauan langsung Garda Asakota selain mendengarkan sambutan Ketua Dewan APEKSI yakni Hj. Airin Rihmidiyani, acara pembukaan juga mendengarkan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo SH, yang berbicara soal peningkatan ekonomi dan pembangunan di berbagai daerah.

"Pilpres dan Pileg sudah selesai. Selanjutnya adalah bicara membangun infrastruktur ekonomi dan pembangunan di berbagai daerah. Oleh karenanya,  Pemerintah Daerah harus mengusulkan program-programnya yang kemudian disingkronisasi dengan program nasional, " imbunya.

Gubernur Jateng juga  berharap dengan Rakernas Apeksi ke-XIV yang dihelat dengan meriah saat ini, dijadikan sebuah momen dalam membangun kota yang lebih baik dan mempertahankan identitas serta jati dirinya.  (GA. 355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.