-->

Notification

×

Iklan

SMKN-4 Kobi Genjot Siswa-Siswi Baru dengan Kegiatan LDDK

Saturday, July 20, 2019 | Saturday, July 20, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-07-20T09:43:08Z

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)-4 Kota Bima menggelar kegiatan Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK) bagi 70 siswa-siswi baru di halaman sekolahnya, Sabtu, (20/7).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk latihan kedisiplinan yang sengaja dikemas pihak sekolah untuk menggenjot siswa-siswi barunya dalam proses pengenalan lingkungan sekolah, dengan tujuan untuk membentuk karakter anak didik sebelum melaksanakan proses pendidikan di sekolah tersebut.

Kepala SMKN-4 Kota Bima, Drs. Faturrahman,.M.Ak, saat diwawancara Garda Asakota.

Pantauan langsung wartawan, kegiatan latihan dasar disiplin Korps itu akan berlangsung selama satu pekan. Selama pelaksanaan kegiatan, para siswa-siswi tidak di ijinkan pulang melainkan nantinya akan bermalam dan mendapatkan materi pendidikan agama (tausiah) di dalam ruangan yang bertujuan untuk memaksimalkan hasil pendidikan yang didapatkan.

"Untuk melatih anak-anak ini, kami telah bekerja sama dengan TNI untuk menjadi instruktur dalam melatih kegiatan ekstra sekolah dalam hal  kedisiplinan siswa-siswi serta latihan Peraturan Baris-berbaris (PBB), dan ilmu kepemimpinan," ungkap Kepala SMKN-4 Kota Bima, Drs. Faturrahman,.M.Ak, kepada wartawan, Sabtu (20/7).

Menurutnya, kegiatan tersebut di mulai dari hari Senin tanggal 15 Juli hingga 21 juli 2019 mendatang. "Artinya, ini sudah hari yang ke-enam, tujuan kami yaitu untuk membentuk karakter dan ilmu kedisiplinan siswa-siswi baru lebih awal, sehingga dengan demikian kami bisa memaksimalkan proses pendidikan untuk terciptanya siswa-siswi yang berprestasi," ungkapnya.

Diakuinya bahwa selama melaksanakan kegiatan tersebut, selain antusiasme siswa, pihak sekolah juga melihat besarnya dukungan dari wali murid. Hal itu dapat dilihat dengan adanya wali murid yang berbondong-bondong datang ke sekolah untuk menyaksikan anak-anaknya yang dilatih oleh TNI. Selain itu juga, kata dia, para orang tua menyempatkan diri untuk membawakan bekal buat anak-anaknya.

Ia menambahkan bahwa pihak sekolah sekarang sudah melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan ternama yang berada di Jepang untuk peluang kerja bagi alumni SMKN 4 Kobi. "Moga saja kerja sama ini membuka peluang bagi alumni untuk bekerja di negeri Sakura tersebut.

Sebelumnya, kami sudah mengirim beberapa alumni ke Jepang, untuk bekerja di sana, proses selesksinyapun lumayan ketat. Tapi Alhamdulillah siswa-siswi kami mampu untuk membuktikannya, dengan adanya dua orang siswa alumni kami yang kami kirim ke Jepang untuk bekerja di sana. Itu semua membuktikan bahwa siswa-siswi kami mampu untuk bersaing dan berprestasi," tuturnya.

Sementara itu, di sela-sela proses latihan berlangsung, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan, Rufendi Gunawan, mengakui banyak ilmu yang didapat hwa selama LDDK, terutama yang berkaitan dengan kedisiplinan.

"Kami benar-benar di tuntut untuk mampu disiplin secara keilmuan, tidak hanya itu kami juga diajarkan bagaimana kami bisa menghargai waktu sebaik-baiknya serta bisa bekerja dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok tepat pada waktunya," pungkasnya. (GA. Yan*)
×
Berita Terbaru Update