Header Ads

Rapat Evaluasi Baznas Kobi, Semester I Dana Masuk Rp2,7 Milyar


Kota Bima, Garda Asakota.-

Baznas Kota Bima menggelar rapat evaluasi peningkatan pengumpulan zakat dengan Satgas Zakat Kota Bima yang berlangsung di Sekertariat DMI Kota Bima, Kamis (25/7). Rapat evaluasi di hadiri oleh segenap pengurus Baznas, Ketua DMI, serta seluruh Satgas Zakat Kota Bima.

Sedianya rapat evaluasi ini akan dilaksanakan seminggu pasca Idul Fitri namun karena terkendala masih ada beberapa masjid dan mushola, lembaga dan instansi yang belum menyelesaikan setoran zakatnya ke Baznas maka rapat evaluasi ditunda beberapa waktu lamanya. "Dan Alhamdulillah pada hari ini baru bisa dilaksanakan sehubungan dengan telah rampungnya urusan zakat per 17 Juni lalu," jelas Ketua Baznas Kota Bima, H. A. Bakar Haris, SH, M.AP., dalam sambutannya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Satgas Zakat Kota Bima yang telah berusaha dan berbuat maksimal dalam meningkatkan perolehan zakat Kota Bima meski pun waktunya terbilang singkat, karena memang kata dia Satgas Zakat terbentuk pada pertengahan Mei lalu.

"Tetapi kedepan kami yakin bahwa perolehan zakat kita akan semakin baik karena itulah kenapa pada hari ini kita gelar rapat evaluasi terkait dengan perolehan zakat semester I Januari hingga Juni 2019," ungkapnya didampingi Sekertaris Baznas Kota Bima, H. Muhdin.

Secara umum, kata dia, perolehan zakat pada semester I Mulai Januari hingga akhir Juni 2019 mulai zakat Fitrah, Maal, Profesi, Perorangan, Infak dan Shadaqah serta Dana Sosial Keagamaan lainnya diakui mengalami sedikit penurunan.

Menurutnya, sesuai dengan data yang tercatat pada Baznas bahwa di semester ini telah masuk dana zakat sebesar Rp2,7 Milyar lebih dari semua jenis zakat tersebut tetapi khusus untuk  zakat yang masuk dari masjid dan musholla justru mengalami peningkatan berkat terbentuknya Satgas Zakat.

Pantauan langsung wartawan, dalam rapat tersebut berbagai saran dan pendapat disampaikan oleh Satgas Zakat kepada pengurus Baznas Kota Bima demi terwujudnya optimalisasi perolehan zakat di masa mendatang. (GA. Tony*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.