Header Ads

Perpustakaan "Lengge" Desa Maria Gelar Pelatihan Membuat Jamu Tradisional



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Dalam rangka transformasi pelayanan Perpustakaan berbasis inklusi sosial,  perpustakaan "Lengge" desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima mengadakan kegiatan pelibatan masyarakat yaitu Pelatihan Membuat Jamu Tradisional Bima yang di perpustakaan desa Maria pada tanggal 1 Juli 2019. "Adapun jumlah peserta pelatihan adalah ibu-ibu rumah tangga sebanyak 7 orang," kata Plt Kades Maria usai membuka pelatihan.

Diakuinya, pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih ibu ibu rumah tangga agar bisa membuat jamu yang bernilai ekonomis yang dapat dijual sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan. "Adapun pelatihnya adalah dari salah satu ibu rumahtangga di desa Maria yang sudah lama membuat dan jualan jamu," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima Basyitun,  S. Pd,  M. Pd, yang hadir meninjau kegiatan pelatihan tersebut bahwa pihaknya sekarang sedang mentransformasikan layanan perpustakaan sebagai pusat kegiatan dan belajar masyarakat serta menginisiasi pelatihan pelatihan ketrampilan yg bernilai ekonomis yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program ini, kata dia, dikembangkan di 6 Desa di Kabupaten Bima yaitu desa Kananga Bolo,  Desa Tente Woha,  Desa Cenggu Belo,  Desa sumi Lambu,  Desa Maria Wawo,  dan Desa Teke Palibelo. Untuk mendukung program ini masing masing prrpustakaan desa akan diberikan bantuan 4  unit komputer dan 1 printer yang digunakan masyarakat untuk mengakses internet dan menjual produk secara online dan gratis. "Program ini merupakan dukungan langsung perpustakaan daerah terhadap terwujudnya kabupaten Bima sebagai kabupaten literasi," pungkasnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.