-->

Notification

×

Iklan

KKN STIE BIMA Desa Sondosia Gelar Seminar Kewirausahaan

Wednesday, July 17, 2019 | Wednesday, July 17, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-07-17T00:04:42Z
Salah satu obyek wisata desa Sondosia yang dipoles oleh Mahasiswa Kelompok VII KKN STIE BIMA 2019. 

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berada di Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima melaksanakan seminar kewirausahaan dengan tema "meningkatkan jiwa kewirausahaan masyarakat dalam mengelola potensi lokal", bertempat di aula kantor Desa Sondosia, Rabu (3/07).



Kegiatan seminar kewirausahaan mahasiswa KKN kelompok VII  ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Ir. Bahtiar, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Drs. Dahlan, keterwakilan dosen STIE Bima Muhajirin, MM, dan Heri Nurdin, MM dosen pembimbing dan kepala desa serta ketua PKK, karang taruna dan sejumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di desa setempat.

Kegiatan seminar kewirausahaan ini merupakan salah satu langkah nyata mahasiswa KKN STIE Bima kelompok VII dalam menjalankan program kerjanya dengan tujuan untuk memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarakat agar terangsang jiwa berwirausahanya, selain itu juga masyarakat diharapkan mampu melakukan inovasi dan terobosan terhadap produk-produk yang di hasilkannya.

Adapun hasil produk inovasi mahasiswa KKN STIE Bima desa Sondosia yang ditawarkan  yaitu kerupuk telur Sondosia, varian rasa (jagung manis, barbeque, pedas manis, sapi panggang), keripik pisang mandiri, varian rasa (coklat, pedas, manis), kue cincin cinta, varian rasa (original, coklat stroberi) dan ikan bandeng kering khas Sondosia.  Tidak hanya itu, mahasiswa KKN desa Sondosia  juga sedang melaksanakan pembangunan objek wisata desa yang berada di dusun Pali.

Kepada Garda Asakota, Ketua Posko KKN Desa Sondosia STIE Bima, Nasution menyampaikan bahwa progres program kerja pihaknya sudah hampir sampai pada titik penyelesaian. "Selain seminar kewirausahaan, kami juga sedang melakukan pembangunan objek wisata desa, dan pembangunan tersebut sudah 80 porsen, In syaa Allah beberapa hari ke depan akan selesai," katanya.

Mewakili seluruh  mahasiswa KKN STIE Bima desa Sondosia, ia berterimakasih kepada masyarakat dan pemerintah desa yang sudah aktif dalam membantu menjalankan program pihaknya. "Besar harapan kami dan teman-teman  agar kiranya pada saat peresmian objek wisata desa nanti Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Ketua STIE Bima, bapak Firdaus, ST, MM, bisa hadir dalam acara peresmian tersebut," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Ir. Bahtiar mengapresiasi kerja mahasiswa STIE Bima, karena kehadirannya mampu memberikan dorongan dan rangsangan  terhadap masyarakat lebih khusunya para pelaku usaha untuk berinovasi.

Dia berharap kepada warga masyarakat pada umunya untuk mampu menjadi pelaku usaha agar dapat mendorong pertumbuhan perekonomian daerah maupun rumahan, serta mampu memanfaatkan sumber daya dan potensi lokal desa. "Selain itu juga saya mewakili pemerintah daerah kabupaten bima Dinas Koperasi dan UMKM siap membantu masyarakat dalam membina dan memberikan bantuan moral maupun moril," katanya.

Senada dengan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, Drs. Dahlan, menyampaikan hal yang sama. Dia berharap masyarakat dapat memperluas wawasannya untuk maju dan berkembanga dalam mewujudkan impian untuk menjadi seorang wirausaha sukses pasti akan tercapai. (GA. Yani*)
×
Berita Terbaru Update