Header Ads

Diskop Optimis Dorong Koperasi Jadi Soko Guru Pembangunan Perekonomian Daerah

Iwan Setiawan, SE.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Perjalanan gerakan Koperasi di Indonesia selama 72 tahun telah mengalami banyak kemajuan. Koperasi terbukti memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi. Koperasi juga turut menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, dengan demikian Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima optimis dalam mendorong gerakan koperasi untuk menjadi tiang perekonomian daerah.

Dalam memeriahkan Hari jadi Koperasi yang ke-72  Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima bertekad untuk mencapai pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, sehingga tidak terjadi ketimpangan atau kesenjangan ekonomi masyarakat. Tentu saja untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan kerja sama pemerintah dan gerakan koperasi serta elemen masyarakat.

"Hari ini telah dilaksanakan upacara  peringatan Hari Koperasi yang ke-72 di depan halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama DEKOPINDA (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) beserta kontribusi bersama seluruh  gerakan koperasi se-Kabupaten Bima yang dihadiri lebih kurang 130 orang dari undangan yang kami sebar sebanyak 150," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Iwan Setiawan, SE, kepada wartawan, Kamis (11/7).


Meski diakuinya kondisi koperasi di Kabupaten Bima pada hari ini belum mampu cepat untuk berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Namun pihaknya berharap agar koperasi di zaman millenial pada hari ini prinsipnya harus punya kemampuan untuk mengakses teknologi informasi dan komunikasi. "Sehingga dengan demikian percepatan dalam pertumbuhan koperasi akan semakin nyata diwujudkan," katanya.

Sebagai lembaga pemerintah yang menjadi stackholder, pihaknya siap mendorong gerakan koperasi untuk menjadi tiang perekonomian daerah, dengan melakukan peningkatan kapasitas dari gerakan koperasi. Selain itu juga kedepannya nanti pihaknya akan melaksanakan kegiatan sosial pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Risa Kecamatan Woha yang In Syaa Allah akan dihadiri langsung oleh Bupati Bima.

Dengan diperingatinya hari Koperasi Nasional ke-72 ini dia berharap agar koperasi dan UKM di Kabupaten Bima bisa memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan perekonomian daerah. "Dan saya juga merasa optimis, selama kami melakukan kegiatan pelatihan terkait kegiatan koperasi dan UKM di seluruh wilayah Kabupaten Bima, saya melihat animo  dan antusias masyarakat pelaku koperasi dan pelaku UKM sangat tinggi. In Syaa Allah saya akan memberikan atensi khusus kepada para peserta terbaik untuk mendapatkan soft loan sebagai perangsang motivasi dalam bentuk dana bergulir," tandasnya.  (GA. Yani*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.