Header Ads

Di Ntobo, Wakil Walikota Serahkan Buku Rekening Dana BSPS Kepada 45 Orang KK




Kota Bima, Garda Asakota.-

Dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2019 diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH, di aula kantor Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima, Senin 1 Juli 2019. Buku rekening dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) diberikan kepada 45 orang Kepala Kelurga (KK) di Kelurahan Ntobo.

Dalam Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh tim koordinator TFL BSPS Kota Bima, Kaharuddin, ST menyampaikan bahwa kegiatan bantuan stimulan perumahan Swadaya (BSPS) mulai dijalankan di Kota Bima sejak tahun 2015 sampai 2019 sudah 1681 unit rumah yang dibangun. Alokasi BSPS Kota Bima Tahun 2019 sebanyak 200 unit rumah namun berkat kerja keras dari semua tim dan fasilitator Pemerintah Kota Bima mendapat tambahan dana alokasi sebanyak 140 unit rumah. 140 unit ini tersebar di 5 (Lima) Kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Rabangodu Selatan 30 unit, Rabadompu Timur 30 unit, Rontu 30 unit, Penatoi 30 Unit dan Nitu sebanyak 20 unit.

"Sementara yang sudah berjalan ini ada di Kelurahan Panggi 30 unit, Matakando 40 unit, Ntobo 45 unit, Penanae 40 unit dan Kodo 45 unit," ungkapnya.

Kaharuddin juga menyampaikan syarat penerima BSPS ini adalah WNI yang sudah berkeluarga, memiliki atau menguasai tanah dengan hak yang sah (tidak dalam sengketa dan sesuai tata ruang wilayah), Belum memiliki rumah atau memiliki dan menempati satu-satunya rumah dengan kondisi tidak layak huni, belum pernah memperoleh BSPS atau bantuan perumahan, berpenghasilan paling banyak sebesar Upah Minimum Provinsi dan terakhir bersedia berswadaya dan membentuk kelompok dengan pernyataan tanggung rentang.

Dalam arahannya Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH menyampaikan bahwa penyerahan buku tabungan Bantuan stimulan perumahan Swadaya (BSPS) ini merupakan salah satu program bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

“Banyak sekali bantuan yang diprogramkan oleh pemerintah untuk seluruh masyarakat Kota seperti bantuan KUBE,WC Komunal, PKH dan sekarang ada dalam APBD bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang nilainya sebesar Rp12,5 Miliar”, ujar Wawali.

Wakil Walikolebih lanjut dijelaskannya bahwa semua bantuan yang dianggarkan pemerintah Kota Bima untuk mendorong agar warga masyarakat Kota Bima umumnya dan warga masyarakat Kelurahan Ntobo khususnya bisa meningkatkan taraf hidup dan sejahtera. Begitupun dengan tujuan BPSP ini membantu masyarakat Kota Bima untuk bisa menempati rumah yang layak huni.

“Semoga program ini bisa terus berlanjut dan meningkat lagi setiap tahunnya. Dan tahun ini Kelurahan Ntobo mendapatkan bantuan cukup besar ditahun ini yaitu 45 unit rumah dan semoga tahun depan kelurahan ntobo bisa mendapatkan bantuan lebih banyak lagi”, harap Wawali.

Diakhir arahannya Wakil Walikota berpesan agar  masyarakat yang diberikan kepercayaan bisa memanfaatkan uang ini sebaik-baiknya karena masyarakat menjadi garda terdepan pelaksanaan kegiatan program bantuan ini, bila perlu dilakukan kegiatan gotong royong untuk menekan biaya yang ada sehingga kualitas rumah bisa lebih bagus.

“Saya harapkan Camat, Lurah dan Tim Fasilitator agar tidak memungut biaya apapun. Berikan 100% hak warga jangan sampai ada yang mengganggu sehingga amanat ini bisa bermanfaat sesuai dengan harapan “, ujarnya diakhir sambutannya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.