Header Ads

Wakili Kabupaten Bima, Monta Baru Dinilai Tim Lomba Desa tingkat Provinsi NTB


Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Provinsi NTB saat memberikan sambutan.


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Karena sukses meraih juara pertama di ajang lomba desa tingkat Kabupaten Bima, Monta Baru Kecamatan Lambu mewakili Kabupaten Bima pada ajang lomba desa tingkat Provinsi NTB. Kamis ( 20/6) tim penilai lomba desa tingkat Provinsi NTB turun memberikan penilaian.

Tim dari Provinsi NTB berjumlah 19 orang dari perwakilan beberapa Organiasi Perangkat Daerah  Provinsi NTB, dipimpin langsung oleh Dr. H.Ashari, SH, MH, Kepala Dinas Pemdes Provinsi NTB selaku Ketua penilai. "Mereka di terima oleh bapak Wakil Bupati Bima bersama kepala desa Monta Baru bapak Syafruddin yang saat itu juga didampingi oleh Camat Lambu," ungkap Kabag Humaspro Pemkab Bima, Hj. Sita Arna, S. Sos.




Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer mengatakan bahwa kegiatan lomba desa ini merupakan langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan di pemerinthan desa. Sejalan dengan itu pemerintah Kabupaten Bima secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian lomba desa.

Selain itu, kata dia, lomba desa ini pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi dan kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa yang ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik serta terpeliharannya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan hal itu, Keberhasilan yang diraih oleh desa Monta Baru Kecamatan Lambu dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima merupakan wujud keberhasilan pemerintah desa beserta warga masyarakatnya dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan desa.

Sarana dan prasarana baik prasarana desa , pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi desa. Oleh karenanya desa Monta Baru Kecamatan Lambu ini, Kami pandang layak untuk mewakili Kabupaten Bima dalam penilaian lomba desa tingkat Provinsi NTB tahun 2019 ini. "Tentunnya kami memiliki keyakinan Ketua dan seluruh anggota Tim Penilaian lomba desa sependapat dengan penilaian yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bima atas keberhasilan capaian kinerja desa Monta Baru Kecamatan Lambu sehingga tidaklah berlebihan apabila pada saatnya nanti kami berharap desa Monta Kecamatan Lambu mendapatkan predikat terbaik dalam penilaian lomba desa tahun 2019 tingkat Provinsi NTB," ungkapnya dihadpan tim dan jajaran Pemkab Bima yang turut hadir di acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi Dr. H.Ashari, SH, MH yang juga selaku kepala DPMDES Provinsi NTB mengungkapkan bahwa kegiatan penilaian lomba desa yang dilakukan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi, menilai, serta mendorong kades dan masyarakat desa, untuk mengoptimalisasi potensi-potensi desa terutama dari aspek pemerintahan, kewilayahan, dan aspek kemasyarakatan terutama pencapaian yang telah dilakukan oleh Kepala Desa beserta jajaranya dalam memimpin desannya. "Sehingga dari penilaian yang di lakukan ini kami bisa melihat dari dekat kegiatan apa saja yang dilakukan dalam memajukan desa. Selain itu juga kami akan melihat inovasi desa dari aspek pemerintahanya dilihat dari kriterianya," paparnya.

Pihaknya juga akan melakukan kunjungan ke lapangan dalam rangka memeriksa kelengkapan administrasi, keadaan di lapangan yang sebenarnya, termasuk melihat beberapa potensi yang termuat dalam profis desa serta melakukan wawancara maupun tanya jawab, sehingga dari hasil pemeriksaan di lapangan ini nantinya akan ditahui apakah desa Monta Baru Kecamatan Lambu layak mendapatkan predikat juara pertama pada lomba desa tingkat Provinsi NTB. "Mudah-mudahan dengan adanya penilaian lomba desa yang diwakili oleh desa Monta Baru Kecamatan Lambu ini, kedepannya akan mendapatkan predikat terbaik dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi," sebutnya.

Pada kesempatan itu Kades Monta baru memperkenalkan produk unggulan desanya meliputi bawang merah, home industry (Tenunan Bima), peternakan (Sapi dan Kambing) serta pertanian jagung hibrida, dimana produk unggulan desa Monta Baru ini, akan terus menjaga dan dilestarikan sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat desa secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa agar dapat menjadi desa yang mandiri dan maju. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.