-->

Notification

×

Iklan

Tingkatkan Kapasitas SDM, Diskop dan UKM Kabupaten Bima Gelar Diklat Kewirausahaan

Monday, June 17, 2019 | Monday, June 17, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-06-17T04:49:05Z

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima mengadakan kegiatan Diklat Kewirausahaan tahun anggaran 2019. Kegiatan tersebut dilangsungkan di aula Hotel La-Ila Kota Bima  Senin (17/6), dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta jajarannya, para Narasumber serta para peserta pelatihan berasal dari UMKM yang berada di wilayah Kecamatan se-Kabupaten Bima. "Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 17 sampai 21 Juni 2019 dengan jumlah peserta Diklat sebanyak 30 orang," ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima, Iwan Setiawan, SE.


Menurutnya, para peserta nantinya akan diberikan bimbingan dan materi yang disampaikan oleh para Tutor yang berkompeten di bidangnya. "Diklat yang dilaksanakan ini sebagia upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bidang Koperasi dan UKM," katanya.

Iwan menegaskan bahwa penguatan SDM ini diperlukan untuk meningkatkan daya saing sebagai modal mengembangkan usaha. Untuk itu pihaknya selaku kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta Sekretaris, seluruh kepala Bidang terus melanjutkan program penguatan kapasitas SDM, sehingga berdaya saing dan mampu menjadi wirausaha tangguh.

Selain itu, kata dia, Diklat ini juga dalam rangka mendukung program/visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bima yaitu terwujudnya Kabupaten Bima yang RAMAH, sehingga kedepannya akan melahirkan para wirausahawan-wirausahawan yang handal sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dari hasil usaha yang digelutinnya. 

Sementara, Bupati Bima yang diwakili oleh Asisten III Setda Bima, Drs. H.Arifudin, HMY  mengatakan bahwa pemerintah daerah menyambut baik dengan gagasan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima yang melaksanakan kegiatan Diklat Kewirausahaan ini dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan para peserta diklat guna mengelola usaha yang digelutinya. "Sehingga dari usaha tersebut diharapkan dapat mengembangan usaha kecil khsusunya di bidang kewirausahaan," tuturnya.

Keberadaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar dan memiliki peran penting yang dapat dimainkan UMKM dalam Perekonomian Nasional. Maka dari itu, perlu dikembangkan program dan kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas Sumber Daya Manusia UMKM.  (GA. 212*)  
×
Berita Terbaru Update