Header Ads

Jadi Khatib Idul Fitri, Ustadz Arifin Kupas Ciri Orang Bertaqwa yang Sukses


Kota Bima, Garda Asakota.-

Empat ciri orang bertaqwa yang sukses menjalankan ibadah Ramadhan adalah pertama orang yang gemar menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah SWT dalam kondisi senang maupun sulit. Orang bertaqwa yang tidak akan sibuk memikirkan dirinya sendiri ia memiliki jiwa sosial rela berkorban untuk orang lain dalam setiap keadaan dan dia akan senang bisa menjadi bagian dari orang lain. "Maka dalam konteks Ramadhan dan Idul Fitri ada satu kewajiban bagi umat yakni membayar zakat Fitrah," ungkap Ustad H. Arifin, S. Ag, dalam khutbahnya pada pelaksanaan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah/tahun 2019 M di lapangan SMKPPN Bima Jatiwangi Asakota Kota Bima, Rabu pagi (5/06).

Kemudian ciri kesuksesan orang bertaqwa adalah mampu menahan amarah yang merupakan sebuah gejala yang manusiawi sifatnya. Oleh karenanya, kata dia, orang bertaqwa tidak akan mengumbar marah begitu saja sehingga patutlah pada momen lebaran ini untuk mengontrol emosi sebaik mungkin dan bersikap kepada orang orang yang pernah membuatnya marah secara wajar. "Dan biasa biasa saja karena di momen Ramadhan ini pulalah semestinya melatih orang untuk berlapang dada, bijaksana dan tetap sabar menghadapi suasana sepanas apapun," ucapnya.

Dihadapan ratusan umat Islam yang memadari lokasi sholat Id, Ustadz Arifin kemudian menyinggung ciri berikutnya orang bertaqwa yakni mudah memaafkan kesalahan orang lain karena sesungguhnya tidak ada manusia yang sempurna. "Maka, di momen Ramadan ini pulalah kita sebagai umat muslim harus saling memaafkan, bila kita sendiri saja tak mungkin suci dari kesalahan lalu atas alasan apa kita tidak mau memaafkan kesalahan orang lain?," katanya menggugah jamaah.

Dan ciri yang terakhir lanjut Ustadz Arifin adalah orang yang bertaqwa adalah orang yang selalu menyadari akan kesalahan atau dosa sehingga mereka memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini untuk bertaubat dan mereka selalu memohon kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan dengan senantiasa bertaubat. "Yaa Rabb, wahai Tuhan Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan. maka, ampunilah aku," pungkasnya. Pantauan langsung wartawan, pelaksanaan sholat Id Fitri di lapangan SMKPP Bima berjalan lancar, serta aman, tertib dan hidmat. Selain menjadi khatib, Ustadz H. Arifin, juga menjadi Imam Sholat Id Fitri. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.