Header Ads

Dukung Wujudkan Kobi Bersih, BKM Al-Ikhlas Jatiwangi Sebarkan 300 san Karung Sampah



Kota Bima, Garda Asakota.-

Dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Bima untuk mewujudkan Kota Bima yang bersih dari sampah teuratama sampah rumah tangga, Ketua BKM Al-Ikhlas Jatiwangi Kecamatan Asakota melakukan terobosan baru yaitu menyebarkan ratusan Karung tempat sampah ke setiap rumah tangga.

Ketua BKM Al Ikhlas Jatiwangi, Fajaruddin, ST, menjelaskan bahwa terobosan yang dilakukan pihaknya sekaligus langkah uji coba untuk ditawarkan kepada warga masyarakat yang ingin membuang sampah rumah tangga menggunakan jasa BKM. Mendukung terobosan itu, kata dia, BKM saat memiliki dua unit mobil toga roda yang akan digunakan untuk mengangkut sampah.

"Jadi untuk langkah awal kita terapkan dulu terobosan semacam ini yaitu dengan metode sebarkan karung per rumah tangga. Nantinya, pengambilan sampah dari rumah tangga menuju TPS di lakukan dua kali seminggu atau per tiga hari sekali, petugas sampah BKM akan memungut sampah dari karung-karung yang telah di sebar ke setiap rumah tangga itu per tiga hari sekali," jelas.

Metode kedua, sambungnya, pihaknya akan sebarkan karung sampah per rumah warga sebanyak dua lembar dan untuk awal awal terobosan ini ada sekitar 300 san karung sampah dengan menghabiskan dana sekitar Rp1,7 jutaan karena bahannya selain karung juga menggunakan lingkaran besi ukuran 5 mm.

"Kalau 300 berarti akan ada sekitar 150 rumah tangga yang tercover, adapun retribusi nya kami terapkan Rp10 ribu per bulan atau kira-kira 800 rupiah per sekali angkut. Semoga masyarakat bisa menerima dan tidak merasa berat," harapnya singkat. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.