-->

Notification

×

Iklan

Tim Penilai Lomba Desa Disambut "Kareku Kandei" di Labuhan Kananga

Wednesday, May 1, 2019 | Wednesday, May 01, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-04-30T22:51:29Z


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Berbeda dari tujuh desa sebelumnya, Penyambutan Tim Penilaian Lomba Desa dan Lomba Posyandu Terintegrasi tingkat Kabupaten Bima yang bertandang di Desa Labuhan Kananga Kecamatan Tambora Sabtu (27/4) disambut dengan Kesenian Kareku Kandei (Pukul Lesung) oleh sekelompok warga desa setempat. BTim diterima oleh camat Tambora Drs. Isyrah, Muspika Kecamatan Tambora, kepala desa Labuhan Kananga Syahbuddin, Kades se-Kecamatan Tambora dan TP PKK.
Drs. Sirajuddin AP, MM.



Kades menjelaskan bahwa Desa Labuhan Kananga  yang berpenduduk 1.109 jiwa ini lebih dari 68% warganya merupakan petani. Ia menyebutkan beberapa poin yang secara khusus menekankan pada peningkatan kapasitas pemerintah, penguatan kerjasama antar desa, peningkatan partisipasi masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif. "Dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif, beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pembuatan bakso berbahan dasar ikan laut, abon ikan laut dan jajan tradisional khas Labuhan Kananga" urai Kades, Syahbuddin.

Diakuinya, di desa yang sebagian besar berpenduduk sebagai petani ini, warga juga melakukan usaha warung, toko, jasa angkutan dan usaha kecil seperti homestay, produk ekonomi kreatif, usaha tresek jagung dan masih banyak lagi kegiatan ekonomi mikro lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bima,  Drs Sirajudin AP, MM selaku Ketua Tim Penilai dalam arahannya menyampaikan rasa bangga atas sambutan meriah seluruh elemen di Desa Labuhan Kananga. Berbeda dengan desa-desa yang di kunjungi Tim sebelumnya, penyambutan di desa Labuhan Kananga memiliki warna yang berbeda dan kekhasan tersendiri bagi para tim penilai.

Namun demikian kata Sirajudin AP, kehadiran Tim di lapangan dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan pembinaan beberapa aspek seperti tata kelola administrasi pemerintahan desa, pelayanan dasar di bidang kesehatam Juga bidang pendidikan, inovasi desa, dan ekonomi kreatif, Kamtibmas dan beberapa indikator penilaian lainnya. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update