Header Ads

Qori Asal Bima, Syamsurih Firdaus Raih Juara 1 MTQ Internasional ke-7 di Turkey

Qori Internasional, Syamsuri Firdaus.


Kota Bima, Garda Asakota.-



Syamsurih saat diundang langsung oleh imam Besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk melantunkan Ayat Suci Al Quran di depan para jamaah setelah sholat Ashar kemarin.



Mantan Qori Internasioanal tingkat Anak-anak, Syamsuri Firdaus, terpilih sebagai juara 1 di MTQ Internasional ke 7 di Istanbul Turkey. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Turki ini diikuti sekitar 68 Negara, termasuk dari Negara Indonesia.

MTQ Internasional ke-7 di Turki, diselengarakan pada tanggal 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul. Sementara Penghargaan untuk Syamsuri diserahkan langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Penyerahan itu disaksikan para undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul yang diwakili PF Pensosbud, Iwan Wijaya.

"Subhanallah walhamdulillah walaailaha illallah wallahuakbar. Qodarullah bibarokatiddu'aaikum. Terimakasih banyak saya ucapkan kepada orangtua, keluarga,  guru-guru, dan teman-teman saya semua yang sudah mendoakan saya dan mensupport saya. Alhamdulillah diantara 68 Negara yang ikut saya terpilih sebagai juara 1 di MTQ Internasional ke 7 di Istanbul,  Turkey," tulis Syamsurih salam akun FB-nya, Minggu (26/5).






Presiden Turki, Erdogan, saat memeluk Syamsuri Firdaus, putra Bima-Indonesia, juara I lomba MTQ tingkat Internasional di Turki  (Foto, FB: Syamsuri Firdaus)
.... 


Tentunya, kata putra Kelahiran Sila Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB ini, kesuksesan yang dicapainya itu tidak akan bisa dicapai tanpa doa kawan-kawan semua di Indonesia. "Terimakasih banyak teman-teman, Allahu Akbar," ucapnya penuh syukur.

Kepada wartawan,  Alumni MAN-3 Bima yang mengenyam S1 di Depok ini (Mahasiswa jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia), sebelumnya merasa khawatir dengan lawannya pada babak penyisihan. Namun Alhamdulillah, dalam kompetisi lanjutan Jum'at (24/5) Syamsuri berhasil lolos masuk ke putaran final. Di putaran final Qori yang dikenal mahir membawakan beberapa ciri khas lantunan ayat suci al-Quran ini kembali menunjukan kemampuannya dihadapan dewan juri hingga para dewan juri terpukau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, saat masih umur 14 tahun (2012), Syamsurih menyabet juara 1 Nasional Tilawah anak pada MTQ 2012 tingkat Propinsi NTB. Kemudian diundang untuk mengikuti MTQ tingkat Nasional di Maluku dan meraih Juara 1 Nasional Tilawah Anak 2012. Pada tahun yang sama, Syamsuri Firdaus mengikuti MTQ ASIA di Singapura dan mendapat peringkat pertama juga. Mulai saat itu Ia dikenal, bahkan di tahun 2013, Syamsuri Firdaus diundang untuk melantunkan ayat Al-Quran di Istana Negara.

Firdaus adalah anak pertama dari keluarga yang keadaan ekonominya terbatas. Ayah Syamsuri, Abdullah, warga RT 03 Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Ayahnya hanya sebagai buruh tani dan ibunya hanya kuli pembuat batu bata.

Pada sholat Idul Adha 1438 H atau pada 1 September 2017 yang lalu, Syamsuri Firdaus diamanahkan untuk menjadi Imam Sholat Idul Adha di Masjid Ukhawa Islamiyah-UI (Universitas Indonesia) Depok. Sementara HM Nasir - Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset RI sebagai Khatib. Rektor UI dan jajarannya selaku Makmum. (GA. 212*)

6 comments:

  1. Masya Allah... selamat kpd adinda syamsuri.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah...barakallah...
    Selamat untuk adinda syamsuri firdaus..
    Sy pertama mengenal adinda wktu MTQ ketika masih kecil saat adinda melantunkan ayat suci al-quran surah al-kahfi 2 ayat trakhir...masyaallahhh...menetes air mata ini..tubuh bergetar..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilkah wasyukurillah putra ntb meraih prestasi smg anak sy bisa mengikuti jejak ananda yg mngharumkan bangsa

    ReplyDelete
  4. Semoga barokah dan bermanfaat.
    Semangat terus Syamsuri firdaus

    ReplyDelete
  5. Barokallaah.
    semoga tetap rendaah hati.

    ReplyDelete
  6. subhanallah...
    ini yang harus di perhatikan oleh bangsa. karena sudah mengahrumkan nama bangsa....

    ReplyDelete

elshandy creative. Powered by Blogger.