Header Ads

Lima Kelurahan Berkompetisi pada Lomba Kelurahan tingkat Kota Bima

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima, Drs. H. Supratman, M.AP.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Sebanyak 5 (lima) Kelurahan berkompetisi dalam penilaian Lomba Kelurahan tingkat Kota Bima Tahun 2019. Lima kelurahan ini bersaing untuk menjadi yang terbaik akan mewakili Kota Bima pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kelima kelurahan ini mewakili lima kecamatan yang ada di Kota Bima, yaitu Kelurahan Panel sebagai duta dari kecamatan Rasanae Barat, Kelurahan Kodo sebagai duta kecamatan Rasanae Timur, Kelurahan Jatiwangi sebagai Duta Kecamatan Asakota, Kelurahan Santi sebagai Duta Kecamatan Mpunda dan Kelurahan Rite sebagai Duta Kecamatan Raba. Penilaian lomba dilaksanakan secara bergantian sejak Kamis 23 Mei sampai dengan 29 Mei 2019.



Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk evaluasi dalam mewujudkan Kelurahan sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat yang harus didukung dengan adanya sinergitas antara aparatur kelurahan, TP-PKK Kelurahan, LPM Kelurahan dan RT/RW kelurahan setempat.


Aspek penilaian yang dilihat yaitu meliputi bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakataan.  Bidang pemerintahan meliputi apek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, pemanfataan teknologi, dan pelestarian adat dan budaya. Evaluasi bidang kewilayahan meliputi identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan investasi.

Sementara itu, untuk aspek penilaian bidang kemasyarakatan meliputi partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanana dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Lomba kelurahan ini menjadi agenda rutin tahunan yang juga menjadi agenda nasional, sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Kelurahan, bahwa lomba kelurahan kelurahan adalah evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan yang cepat berkembang yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Setiap Lurah mengawali acara dengan memaparkan selayang pandang terkait profil serta visi misi Kelurahan dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Tim Penilai Lomba Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan  Ikhwanul Muslimin ST.

Dalam sambutan tertulis Walikota Bima yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima, Drs. H. Supratman, M.AP, menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak yang telah bersusah payah bekerja secara gotong royong, bahu membahu, membangun dan mempersiapkan diri untuk dinilai.

“Seperti harapan semua peserta lomba, semoga Kelurahan yang dinilai dapat menjadi yang terbaik pula ditingkat Kota Bima serta dapat menjadi motivasi dan dorongan energi bagi kecamatan dan kelurahan lain untuk bekerja lebih keras dan mendapatkan prestasi yang lebih baik," ucap Asisten.

Pada akhir sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima berharap agar Pemerintah Kelurahan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat sehingga rasa gotong royong menjadi kegiatan rutin dan kelak akan membudaya dikehidupan bermasyarakat. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.