Header Ads

Genjot Capaian Target Zakat, Baznas Kota Bima Gelar Sosialisasi


Kota Bima, Garda Asakota.-

Baznas Kota Bima pada hari ketiga gelaran kegiatan Sosialisasi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang dilaksanakan di Aula Sekertariat Baznas Kota Bima, Kamis (02/05) mengundang sejumlah Perangkat RW di dua Kecamatan yaitu Rasanae Barat dan  Asakota, setelah sebelumnya mengundang Pengurus RW dari Kecamatan Raba dan Rasanae Timur.

Pada kesempatan itu Ketua Baznas Kota Bima, H.A. Bakar Haris, SH, M.AP., menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting guna memberikan pembinaan sekaligus pemahaman dan edukasi kepada UPZ tentang Tupoksinya. Karena itulah, kata dia, melalui peran serta RT RW inilah nantinya diharapkan akan mampu untuk meningkatkan capaian target Zakat sesuai yang ditargetkan oleh pihaknya. "Yakni mewujudkan mimpi Baznas Kota Bima 2019 yaitu mampu memenuhi capaian angka Rp6 milyar yang menjadi target kami. Itulah kenapa Baznas mengundang Pengurus RW dari tiap Kecamatan ini yaitu agar dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakatn tentang zakat, tidak hanya tentang zakat fitrah tetapi juga zakat lainnya," paparnya.

Di akuinya bahwa capaian zakat tahun kemarin memang belum memenuhi target sesuai yang di harapkan. Namun pihaknya berkomitmen untuk memenuhinya. "Memenuhi target sih belum tetapi meski begitu pemasukan zakatnya mengalami peningkatan, karena itulah dengan kegiatan ini diharapkan capaian zakat kita tahun ini akan mampu memenuhi target," tegasnya lagi.

Dan untuk besaran zakatnya pihaknya belum ada ketetapan tetapi kemungkinan besar masih sama dengan tahun sebelumnya. Meski demikian, Baznas akan segera melaksanakan rapat guna membahas tentang hal tersebut untuk segera di buatkan SK penetapannya. "Sedangkan untuk peruntukkannya bahwa zakat itu adalah hanya untuk 8 Asnaf saja yang berhak menerimanya yaitu Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Gharimin, Hamba Sahaya, Fisabilillah, dan Musafir," pungkas H A Bakar Haris didampingi Wakil Ketua Baznas Kota Bima, H. Muhdin. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.