Header Ads

Doktor Zul Awali Ramadhan Dengan Mutasi, Suruji dan Rum Distaf Ahlikan


Mataram, Garda Asakota.-

Memasuki awal bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dibawah kepemimpinan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah, Senin 06 Mei 2019, merotasi dan mengganti sejumlah pejabat Eselon II dan III di lingkup Pemprov NTB.

Adapun sejumlah nama pejabat eselon II yang mengalami pergantian seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, Drs H Muhammad Suruji, diganti dengan H Rusman, SH.,MH., yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi NTB. 

Doktor Zul dan Umi Rohmi sendiri dalam kesempatan mutasi kali ini menempatkan HM Suruji selaku Staf Ahli Bidang Sosial dan Kemasyarakatan.

Menariknya, Doktor Zul dalam kesempatan mutasi kali ini mempercayakan Dra. T. Wismaningsih Drajadiah, yang sebelumnya ia tempatkan menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Kemasyarakatan, kini diangkat sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) NTB. Wismaningsih menggantikan posisi H Ahsanul Halik, S.Sos.,MH., yang juga digeser untuk menempati jabatan sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB. 

Ir H. Mohammad Rum sendiri yang sebelumnya menjabat sebagai Kalak BPBD NTB dimutasi menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Infrastruktur, Keuangan dan Pembangunan, mengganti posisi Ir Wedha Magma Ardi. 

Sementara Wedha Magma Ardi ditempatkan menjadi Kepala Bappeda dan Litbang Provinsi NTB menggantikan posisi Ir Ridwansyah yang dipercayakan menjabat sebagai Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan menggantikan posisi Wedha Magma Ardi.

Drs Tri Budi Prayitno yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiskominfotik NTB juga digeser untuk menempati Kepala Badan Pengembangan SDM Daerah NTB menggantikan posisi H Rusman yang telah dipercayakan Gubernur menjabat Kadis Dikbud.

Selain menggeser dan merotasi pejabat Eselon II, Doktor Zul pun berkesempatan mengisi jabatan yang lowong di Level Eselon III, seperti mengangkat Dra Hj Asnirawati sebagai Kabag Pemberitaan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB. Asnirawati sebelumnya menjabat sebagai Kabid Statistik pada Diskominfotik NTB.

Begitu pun lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Doktor Zul menggeser posisi Drs Surya Bahari yang sebelumnya menjabat Kabid Pembinaan SMA menjadi Kabid Pengembangan Kompetensi Managerial dan Pengembangan SDM Daerah NTB. Sementara posisi Surya Bahari diganti dan dijabat oleh, Muhammad Fauzan, S.Ag., M.Pd.

Kepada sejumlah wartawan, Doktor Zul mengaku mutasi tersebut dilakukan atas dasar kebutuhan organisasi dan tidak dilakukan secara serampangan. Penempatan pejabat ke jabatan staf ahli menurutnya tidak lagi harus dipersepsikan sebagai tempat buangan karena kenyataannya selama ini, sejumlah pejabat yang sebelumnya ditempatkan sebagai staf ahli justru kembali menempati jabatan yang strategis seperti Kadis PUPR, Kadis Sosial dan lainnya.

"Begitupun dengan staf ahli yang sekarang akan kita proyeksikan untuk menempati jabatan-jabatan strategis kedepannya," kata Doktor Zul.

Penempatan Ahsanul Halik sebagai Kalak BPBD NTB yang baru menurut Doktor Zul karena seiring dengan banyaknya bencana maka dibutuhkan figur yang kuat, mampu membangun komunikasi yang baik dan punya pengalaman teritorial yang bagus. Apalagi menurutnya, sosok HM Rum sudah lama mengabdi sebagai Kalak BPBD, maka perlu disegarkan dengan figur yang baru dan kuat.

"Beliau (HM Rum, red.) cukup lama juga ngurus bencana, beliau jenuh juga. apalagi ngurus bencana itu cukup ribet, maka perlu kita kasih beliau (HM Rum, red.) tantangan-tantangan yang lain. Jadi bukan berarti beliau gak profesional. Bahkan menurut saya, profesionalitas beliau sangat bagus. Bahkan setelah otoritas penanganan bencana diserahkan ke daerah, kuantitas pembangunan rumah itu bagus sekali. Tapi kita ingin mendesign nya dengan lebih bagus lagi. Jadi semata untuk mengatasi kejenuhan ," kata pria yang akrab disapa Bang Zul ini. 
I
a berharap dengan pelantikan pejabat baru di lingkup Pemerintah Provinsi ini, NTB dapat lebih maju kedepannya menuju NTB Gemilang.
"Selamat mengemban amanah di tempat bapak ibu yang baru, mudah-mudahan NTB dapat lebih maju kedepannya," pungkasnya.
(GA. 211*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.