Header Ads

Dinsos Kobi Siap Perbaiki Kartu BPJS yang Salah Entry

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bima, Husto Nul Ansori.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Menjawab banyaknya temuan di lapangan terkait dengan kesalahan data warga yang tercantum dalam Kartu BPJS Kesehatan PBI Dinas Sosial Kota Bima melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Nurdin S.Sos, menyarankan agar Kartu bermasalah tersebut dikembalikan ke Dinsos untuk segera di perbaiki. "Kita siap perbaiki," tegas Nurdin kepada Garda Asakota, Rabu (8/4).

Intinya, kata dia, jika memang ada kesalahan data warga pada Kartu BPJS PBI maka akan segera diperbaiki oleh pihak Dinsos. "Kita siap bertanggung jawab terkait hal tersebut untuk di cetak kembali. Silahkan antar langsung ke Dinsos baik yang nama ganda atau yang salah nama dan alamatnya untuk segera kami perbaiki," ucapnya.

Sementara itu pihak BPJS Kesehatan Cabang Bima melalui Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik, Husto Nul Ansori menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan hanya bertugas mencetak kartu yang datanya berasal dari Dukcapil. "Kami hanya menerima data dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil sebagai rujukan kami kemudian kami cetak kartunya. Jadi Kami selama ini tidak secara langsung menerima dokumen kependudukan berupa KK atau sejenisnya sebagai rujukan melainkan berupa Entry data NIK nya saja," jelasnya.

Jika memang di temui keluhan keluhan seperti itu di lapangan terkait dengan Kartu BPJS Kesehatannya maka dengan senang hati pihaknya siap melakukan perbaikan yang tidak memakan waktu lama hanya 5 menit pasti clear. "Jadi, silahkan bawa Kartunya langsung ke BPJS Kesehatan hanya butuh waktu 5 menit pasti selesai dan clear tanpa perlu di kembalikan lagi ke Dinsos," sebutnya.

Ditanya tentang sejauh mana jumlah peserta BPJS Kesehatan di Kota Bima. Menjawab kalau untuk Kota Bima secara keseluruhan peserta BPJS untuk semua Jenis baik BPJS APBN, PBI maupun Mandiri itu sekitar 97,298 jiwa dari jumlah penduduk Kota Bima sekitar 146.969 jiwa dengan klasifikasinya untuk Peserta BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) sebanyak 54.480 jiwa yang dibiayai oleh Jamkesda dan Propinsi dengan rincian bahwa yang dibiayai oleh APBD Kota Bima sejumlah 32.328 jiwa oleh APBD Propinsi 1334 jiwa sisanya di biayai oleh APBN sejumlah 20.820 sementara yang peserta BPJS Mandiri sekitar 42.818 jiwa. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.