Header Ads

Walikota Bima Ingin Berikan Perhatian Khusus kepada Pengurus LPM, RT dan RW

Walikota Bima, HM. Lutfi, SE.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Silaturahim sekaligus sosialisasi tugas pengurus LPM, RT, dan RW tingkat Kota Bima yang dilaksanakan di Gedung Seni Budaya  Kota bima di hadiri langsung oleh Walikota Bima, Sekda, Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Staf Ahli Walikota Bima, Kepala Kesbangpol, Kabag AP, serta seluruh pengurus RT, RW dan LPM se-Kota Bima, Rabu pagi (3/4). 


"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman LPM, RT dan RW tentang tugas dan fungsinya di tengah masyarakat dan juga mewujudkan serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khusus menjelang dan sesudah Pemilu 2019," ungkap Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Bima, H. Fahruddin, S.Sos.

Pada kesempatan itu, Walikota Bima, HM. Lutfi, SE, menyampaikan bahwa LPM, RT, dan RW adalah ujung tombak pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat dan roda pembangunan. Oleh karena itulah, kata dia, Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk memberikan perhatian  khusus kepada pengurus LPM, RT dan RW. 

"Salah satunya dengan insentif yang secara signifikan meningkat dibanding sebelumnya, juga persiapan pemberian HP Android karena pengurus LPM RT dan RW adalah Garda terdepan sebagai corong pemerintah dalam menginformasikan program pembangunan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa ada beberapa program prioritas pemerintah yang diharapkan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat antaranya program normalisasi sungai sebagai bagian dari program rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana banjir, kemudian subsidi  BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu serta mewujudkan Kota Bima sebagai Kota Smart City.

Walikota juga berharap kepada pengurus LPM RT dan RW untuk dapat menyampaikan berbagai peraturan Daerah kepada warga masyarakat, mampu menjadi sumber informasi dan data yang diperlukan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan kelurahan, menggugah partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta dapat menjadi Mediator dan Fasilitator bagi penyaluran aspirasi masyarakat pada tingkat kelurahan. 

"Kondisi lingkungan kita saat ini membutuhkan keterlibatan dan perhatian kita semua untuk upaya perbaikannya, salah satunya adalah kebiasaan membuang sampah di sungai harus dihilangkan," tegasnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.