Header Ads

Rekap Kecamatan Asakota Tuntas, Prabowo Unggul Telak 15.489 Suara, Jokowi 3.695 Suara


Kota Bima, Garda Asakota.-

Pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Asakota Kota Bima telah usai. Secara jelas dan valid telah diketahui dengan rinci perolehan suara yang diraih oleh masing-masing Capres Cawapres serta  perolehan suara yang di dapat oleh Caleg di masing masing Parpol peserta Pemilu baik DPRD Kota, Provinsi, DPR RI maupun DPD RI.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Garda Asakota, inilah hasil pleno Rekapitulasi suara untuk lima jenis Pemilu.  Untuk Pemilu Capres dan Cawapres RI, Paslon Jokowi Makruf nomor urut  01 memperoleh total suara sebesar 3.695 untuk wilayah Kecamatan Asakota yang terdapat di empat Kelurahan yaitu Kelurahan Melayu sebesar 715 kemudian Kelurahan Jatiwangi 1302, Kelurahan Jatibaru 812 dan Kelurahan Kolo meraih 866 suara.

Sementara untuk  total suara yang diraih oleh Capres Cawapres Prabowo Sandi nomor urut 2 yaitu sebesar 15.489 suara yang terdiri dari Kelurahan Melayu memperoleh dukungan suara sebanyak 3.080 Kelurahan Jatiwangi sebesar 5.018 kemudian Kelurahan Jatibaru meraih suara sebanyak 4.925 dan Kelurahan Kolo sebesar 2.466. Dengan demikian Prabowo Sandi dinyatakan unggul telak di Kecamatan Asakota Kota Bima.

Kemudian, untuk perolehan suara DPD RI di wilayah Kecamatan Asakota suara terbanyak diantaranya di raih oleh La Tofi sebesar 3.929 di susul oleh incumbent Farouk Muhammad sebesar 3.741 dan terbanyak ketiga di raih oleh Evi Apita Maya sebesar 1.440. Untuk DPR RI terbanyak pertama diraih oleh Caleg Demokrat H. Qurais sebesar 2.746 posisi kedua terbanyak di raih oleh Caleg Golkar H. Fatahilla Ramli sebesar 2.722, terbanyak ketiga di raih oleh HM. Syafruddin PAN sebesar 1.729 suara dan terbanyak keempat di raih oleh Caleg Gerindra  H. Zainul Arifin 1.345 suara.

Kemudian untuk Caleg DPRD Propinsi terbanyak pertama di raih oleh H. A. Rahman dari Partai Demokrat sebesar  3.826 .kemudian di susul Caleg PKS H. Syamsudin Majid, SE. 1.149, kemudian 1. 090 untuk H. Syafriansar, S.Sos dari PPP.

Sendangkan untuk total perolehan suara terbanyak Calon Legislatif Kota Bima dari Dapil Asakota di raih oleh Caleg dari Partai Gerindra Khalid Bin Walid sebesar 1.860, Demokrat Syukri Dahlan sebanyak 1.656 suara kemudian Gina Andriani Partai Golkar 1428, PAN Syamsudin 940 suara, dan Hj. Rini Anggriani dari Partai PBB meraih  870 suara.

Ketua PPK Asakota, Suwardi, menyampaikan rasa syukur karena selama proses Pleno Rekapitulasi suara tingkat Kecamatan Asakota yang berlangsung selama 10 hari berjalan sesuai harapan bersama. "Alhamdulillah, semuanya berjalan aman, damai dan lancar meski ada hal hal kecil yang terjadi. Tetapi itu lumrah saja dalam tiap proses seperti itu dan mampu teratasi," ungkapnya.

Tentunya, kata dia, kondusifitasnya suasana saat Rekapitulasi tersebut merupakan hasil kerjasama semua pihak yang terlibat didalamnya mulai dari Saksi Parpol/Caleg, PPS, Panwascam, PPK serta Tim Keamanan Polres dan Kodim 1608 Bima. "Karenanya patut kami sampaikan apresiasi dan terimakasih atas kerjasama semua pihak," pungkasnya. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.