Header Ads

Pertama Kali, Tahun Ini RSUD Kobi Akan Mendapatkan Bantuan Alkes dari Pusat


Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Drs. H. Azhari, M.Si.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Kemajuan yang dicapai RSUD Kota Bima di usia satu tahun sejak regestrasi di Depkes diakui cukup signifikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Drs. H. Azhari, M.Si. Diakuinya, di tahun kedua ini RSUD Kota Bima untuk pertama kalinya akan mendapatkan bantuan sejumlah Alat Kesehatan (Alkes) DAK dari Pemerintah Pusat. "Alhamdulillah memasuki usia kedua tahun ini, RSUD Kota Bima mulai ada perhatian dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan," ungkap H. Azhari, kepada Garda Asakota, Kamis (21/3).

Menurutnya, untuk tahun ini beberapa Alkes yang akan dibantu yakni, SHARP SHIN-EI Anesthesia Apparatus Type Soft Lander SL-210 with Vaporizer Isoflurane plus Sevoflurane, SHARP SHIN-EI Anesthetic Ventilator Bedah/Penyakit Dalam,  UZUMCU Surgical Suction Unit/Uzumcu PA-2, ACEM Examination Lamp-Acem 1 F EVO, UZUMCU Electrosurgical Unit/Uzumcu EK-160, AS MEDIZINTECHNIK Appendictomy Instrument Set, AS MEDIZINTECHNIK Sectio Secarian Set, AS MEDIZINTECHNIK Mini Laparotomy Set, AS MEDIZINTECHNIK Herniotomy Set, HEYER Patient Monitor Scalis 12, ROBUST Mayo Stand, ROBUST Instrument Troley, ROBUST Bowl Stand Double 1112, ROBUST Electric Operating Table BH300-2 SPESIALIS ANAK/KANDUNGAN dan PANDA Led Standing Examination Lamp OL-009

Selain itu, kata dia, ada juga alat ROBUST Children Bed Stainless Steel 9006, BOXUN Steam Sterilizer YXQ-LS50-SII, MEDICON Oxygen Concentrator KS 8T, COZY Infant Incubator B-3000, COZY Infant Radiant Warmer BNT-2000, SAFETY Baby Scale (Patient Scale) SH-8015 UGD/ICU, SOUL Fetal Doppler BF-600, MEND Syringe Pump HK-400I, SOLID IUD Instrument Set, SOLID Maternal Health Exeminnation Instrument Set, SOLID Midwife Instrument Kit, SOLID Inpatient Instrument Kit Set, SOLID Tang Pencabutan Gigi Dewasa Set, SOLID Tang Pencabutan Gigi Anak Set, SOLID Instrument Tray Medium, SOLID Dressing Drum Small, SOLID Atraumatic Restorative Treatment (ART) SOLID Instrument Tray Small, SOLID Dressing Drum Medium, LUSTY Suction Pump 7EA, SOLID Hecting Set, SOLID Minor Surgery Instrument Set, SOLID Diagnostic Set, SOLID Emergency Set, SOLID Mayor Surgery Instrument Set, ROBUST Infusion Stand, ROBUST Stainless Steel Wheel Chair, ROBUST Mayo Stand, ROBUST Instrument Troley, ROBUST Examination Table, ROBUST Mobile Stretcher-4302 dan ROBUST CR Gynaecology Table

Meski diakui pemerintah Pusat mulai ada perhatian untuk RSUD Kota Bima, namun bantuan tersebut belum dapat mencukupi kebutuhan maksimal RSUD. Masih ada beberapa Alkes rumah sakit yang masih perlu ditambah dan dibenahi. "Kekurangan masih banyak seperti untuk Radiologi, ICU, NICu, Laboratorium, Farmasi, Kamar Jenazah, Laundry, Fisioterapi, Obgyn, PICU, ICCU, IPRS, Rawat jalan, Rawat Inap, dan Instalasi Farmasi. Tahun 2019 kebutuhan Alkes semua ruangan tidak terakomodir semuanya karena pada saat proses pengusulan DAK 2019 saat itu status RSUD belum terregistrasi oleh Kemenkes, sehingga belum bisa mengusulkan dana DAK," akunya.

Azhari menyebutkan bahwa RSUD Kota Bima tidak bisa disamakan dengan RSUD Kabupaten Bima yang saat ini berstatus BLUD dan itupun kehadirannya belum sepenuhnya maksimal. "Coba bandingkan RSUD Kabupaten Bima di usianya 60 tahun masih seperti itu, apalagi sudah 4 tahun jadi BLUD. Meski demikian, kita akan upayakan dalam lima tahun kedepan RSUD Kota Bima sudah strata RS Tipe C," tegasnya.

Untuk itu, diharapkan di tahun 2020 nantinya melalui proses pengusulan dana alokasi khusus di tahun 2019 ini, semua kebutuhan alat kesehatan di RSUD Kota Bima dapat terpenuhi maksimal sehingga pelayanan di RSUD berjalan lancar sesuai yang diharapkan. "InsyaAllah, usulan DAK untuk tahun 2020 sudah di buat oleh TIM Perencana di RSUD Kota Bima untuk kebutuhan semua ruangan. Pemerintah Daerah harus jeli menangkap peluang di Pusat, moga saja tahun-tahun mendatang ada kucuran tambahan lagi dari pusat buat RSUD Kota Bima,” harap H. Azhari. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.