Header Ads

Hartoyo: Panwascam Asakota Lantik 97 Orang Petugas PTPS


Kota Bima, Garda Asakota.-

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Asakota, Senin (25/03) secara resmi melantik sebanyak 97 orang Petugas PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) se-Kecamatan Asakota yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Asakota. Ketua Panwascam Asakota memimpin prosesi  Pelantikan dan pengambilan Sumpah sekaligus Bimbingan Teknik (Bintek)  kepada para petugas PTPS, disaksikan oleh Camat Asakota, Kapolsek, Bawaslu Kota Bima serta PPK Asakota.
 
Ketua Panwascam Asakota, Hartoyo, SE.M.Ak, memyampaikan bahwa pelantikan PTPS yang di laksanakan pada hari ini adalah berpedoman kepada UU. No.19 Tahun 2017 tentang pembentukan PTPS di masing-masing TPS. Dia berharap kepada PTPS agar bisa memahami tugas dan fungsinya sebagai pengawas di masing-masing TPS sebagaimana yang tertuang di dalam UU No.7 Tahun 2017 pasal 114 Tentang Pemilihan Umum. "Adapun yang menjadi tugas kewajiban sahabat-sahabat PTPS adalah mengawasi persiapan pemungutan suara kemudian mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari  TPS ke PPS. Selain itu juga telah di atur dalam pasal 115 bahwa pengawas TPS berwenang  menyampaikan keberatan dalam hal jika di temukan dugaan pelanggaran, kesalahan dan penyimpangan administrasi pada saat pemungutan dan penghitungan suara," paparnya.

Ia menitipkan sebuah harapan besar kepada segenap unsur yang ada di Panwascam Asakota termasuk Petugas PTPS di masing-masing Kelurahan agar nantinya mampu menjalankan amanah ini dengan baik sekaligus ampu mencegah dan mengidentifikasi awal terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.