Header Ads

Festival Lawata Akan Warnai HUT ke-17 Kota Bima, 10 April 2019

Sunarti, S. Sos, MM.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Dalam rangka memperingati HUT Kota Bima ke-17 tahun 2019, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pariwisata (Dispar) akan menggelar kegiatan Festival Lawata sebagai rangkaian kegiatan Festival Pesona Tambora 2019. Tahun ini, kata Plt Kadispar Kota Bima, Sunarti, S. Sos, MM, Festival Lawata akan dilaksanakan selama tiga hari yang akan dimulai dari tanggal 6 sampai tanggal 8 April 2019.

Menurutnya, ada beberapa agenda kegiatan yang menyertai Festival Lawata diantaranya tanggal 6 April akan diawali dengan kegiatan gerak jalan santai berhadiah oleh Dekranasda Kota Bima, start lapangan Serasuba finish Pantai Lawata. "Sesaat sebelum start akan dilaksanakan senam bersama yang akan dipandu oleh Perwosi Kota Bima," ungkapnya kepada Garda Asakota, Minggu (17/3). Selain itu, kata dia, sebelum dilaksanakan pengundian hadiah akan diawali dengan lounching Festival Lawata oleh bapak Walikota Bima, HM. Lutfi, SE, yang ditandai dengan peresmian gedung musholla dan TIC yang ada di Lawata.

Kegiatan lain juga akan memeriahkan Festival Lawata selama 3 hari yaitu kegiatan pentas Seni Budaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta pameran ekonomi kreatif oleh Dinas Koperindag Kota Bima kerjasama dengan Dekranasda. "Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari agar menjadi tujuan wisata masyarakat Kota Bima yang saat ini sedang menanti hiburan apa saja yang dihelat dalam rangka milad Kota Bima 2019," ucapnya.

Kemudian direncanakan pula tanggal 7 April 2019 akan dilaksanakan kegiatan lomba perahu hias tradisional kerjasama Pemkot Bima dengan Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Dinas Pariwisata NTB yang dirangkaikan juga dengan kegiatan lomba memasak serba ikan yang dimotori oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima. "Lomba memasak serba ikan ini sebagai wahana untuk memperkenalkan keragaman hasil laut kepada masyarakat Kota Bima. Lomba ini diikuti oleh seluruh ibu-ibu PKK di 41 kelurahan se Kota Bima bertempat di pantai Lawata sebagai wisata unggulan daerah," ungkap Sunarti.



Mantan Kabag Humaspro Pemkot Bima ini menambahkan bahwa, tanggal 8 April 2019 juga akan dilaksanakan lomba triatlon kegiatan ini murni kontribusi Pemerintah Provinsi NTB yang sengaja dibawa ke Kota Bima untuk diperkenalkan kepada masyarakat Kota Bima yang memang selama ini belum pernah menyelenggarakan kegiatan lomba triatlon. "Kegiatan ini akan dinakhkodai oleh Dandim 1608 Bima sebagai panitia inti," tegasnya.

Sunarti berharap seluruh elemen masyarakat Kota Bima dapat menyambut dan mendukung rencana untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Bima April mendatang. Bahkan Ketua Dekranasda Kota Bima, Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, semalam Sabtu (16/3) di kediaman Kelurahan Rabadompu sudah memimpin rapat persiapan kegiatan dalam rangka Festival Lawata. "Beliau mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya panitia pelaksana agar bersatu padu dan menunjukkan komitmen agar kegiatan yang akan dihelat dalam rangka peringatan hari jadi Kota Bima ke 17 tahun 2019 berjalan dengan meriah aman dan tertib," tandas Sunarti. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.