Header Ads

Wakil Walikota Hadiri Upacara Pembukaan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden



Kota Bima, Garda Asakota.-

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, menghadiri upacara pembukaan latihan kader pengamanan pemilu legislatif dan Presiden di Wilayah Korem 162/Wira Bhakti yang dilaksanakan di Lapangan Manggemaci pada Rabu, 6 Februari 2019. Upacara latihan melibatkan pasukan dari Kodim 1628/KSB, Kodim 1607/Sumbawa Besar, Kodim 1614/Dompu, Kodim 1608/Bima, Batalyon Infantri 742/SWY, Brimob, Anggota Polres Bima Kota dan Satpol PP Kota dan Kabupaten Bima.

Turut hadir Dandim 1608/Bima, Perwakilan Polres Bima Kota, Sekda Kota Bima, Pimpinan DPRD Kabupaten Bima, Asisten I Kabupaten Bima, Ketua KPU Kota Bima, Ketua Panwaslu Kota dan Kabupaten Bima beserta anggota, sejumlah Pimpinan OPD Kota dan Kabupaten Bima serta Camat dan Lurah lingkup Pemerintah Kota Bima. Bertindak sebagai komandan upacara Letkol Infantri Endarwan Yansori. Upacara Pembukaan latihan ditandai secara simbolis dengan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan.




Komandan Korem 162/Wira Bhakti Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos.,SH.,M.Han, dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan upacara menyampaikan, latihan kader pengamanan pemilu digelar bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan personil satuan jajaran Korem 162/WB dalam melaksanakan tugas perbantuan TNI kepada Pemda dan Polri  dalam pengamanan pemilu legislatif dan Presiden tahun 2019 mendatang.

Sesuai Undang-undang Nomor 34 tahun 2004, tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap Bangsa Indonesia. Salah satu tugas tersebut adalah melaksanakan tugas perbantuan TNI kepada Pemda dan Polri dalam menangani kerusuhan sosial yang terjadi, menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa, dan ancaman lainnya, yang dapat mengganggu pelaksanaan pileg dan pilpres 2019.

Mengusung tema “Korem 162/WB melaksanakan latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden di wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI”, diharapkan dapat terwujud sinergisitas antara TNI, Polri, dan Pemda serta instansi terkait lainnya. “Untuk itu, Korem 162/WB berserta satuan jajaranya dituntut agar senantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak serta profesional, andal, dan mampu dalam melaksanakan tugas perbantuan”, ujar Letkol Infantri Endarwan Yansori.

Pada akhir sambutannya, Letkol Infantri Endarwan Yansori mengingatkan prajurit jajaran Korem 162/WB untuk senantiasa menegakkan netralitas TNI. Selain itu diharapkannya untuk melaksanakan kegiatan latihan dengan semangat, “Laksanakan kegiatan latihan ini dengan penuh semangat, disiplin dan tanggungjawab untuk menjadi prajurit profesional dan dicintai rakyat di manapun kalian berada dan bertugas demi kejayaan satuan, bangsa dan negara ”, pungkasnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.