Header Ads

"Sakola Kita"


Siang nan sejuk di Bumi Parado, saya menyempatkan waktu berkunjung ke Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Parado. Suasana sepi, karena para pelajar sudah pulang,  saya bertemu dengan Wakasek, ibu Nurhasinah, SPd dan salah seorang guru.

Dari penuturan Ibu Nurhasinah, saya mendapatkan informasi bahwa Sekolah ini telah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Muhammad Salahuddin dengan nama "Sakola Kita". Sakola Kita adalah sekolah Kitab, salah satu sekolah yang khusus mengajarkan kepada para murid untuk mempelajari kitab kitab yang berkaitan dengan Figh, ibadah maupun Muamalah dalam islam.

Pembangunan Sakola Kita dimulai pada tahun 1922. "Masyarakat Parado biasanya menyebut sekolah ini dengan Sakola Mantoi. " Kata Nurhasinah. Setelah Sakola Kita, bangunan ini kemudian menjadi Sekolah Darul Ulum hingga tahun 1986.Sejak Tahun 1986, sekolah Darul Ulum diganti dengan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Satu Atap Parado yang bernaung di bawah Yayasan Islam Bima.

Bangunan ini adalah bukti sejarah kiprah perjuangan dan dedikasi Sultan Muhammad Salahuddin sebagai tokoh Pendidikan dan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Sultan Muhammad Salahuddin tidak hanya mendirikan sekolah agama, tetapi juga mendirikan Sekolah Rakyat yang menjadi cikal bakal Sekolah Dasar di masa sekarang. Pada masa pemerintahannya dari tahun 1915 hingga 1951, di tengah situasi dan kondisi yang serba sulit, Sultan Muhammad Salahuddin juga mendirikan Sekolah Kejuruan Wanita( Volks School).

Semoga dedikasi dan kiprah perjuangan Sultan Muhammad Salahuddin menjadi motivator dan inspirasi bagi generasi kini dan akan datang, bahwa ilmu pengetahuan dan pendidikan itu adalah lilin penerang yang senantiasa berkedip dalam kegelapan Zaman.*By, Alan Malingi.

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.