Header Ads

Penyaluran Dana PKH Dimulai di Bolo



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019 tingkat Kabupaten Bima yang berlangsung Senin (4/2)  di Paruga Nae Kecamatan Bolo dihadiri oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayani Putri SE, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala OPD dan Camat dan para Pendamping PKH se-Kabupaten Bima. Tahun ini sebanyak 34.975 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Se-Kabupaten Bima akan menikmati dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial RI, dan 2.716 KPM diantaranya berdomisili di Kecamatan Bolo.


Pada moment acara Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai PKH tahun 2019 tingkat Kabupaten Bima yang dipusatkan di Paruga Nae Kecamatan Bolo Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, dalam sambutannya dihadapan menerima bantuan PKH  menekankan pentingnya ketersediaan gizi keluarga. "Pastikan asupan gizi keluarga penerima manfaat PKH karena cakupan gizi penting bagi peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM)," kata Bupati.

Bupati yang turut didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), para kepala organisasi  perangkat daerah (OPD) dan Camat se- Kabupaten Bima tersebut mengatakan bahwa peningkatan IPM ditentukan oleh peningkatan indeks kesehatan dan pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu, kata dia, para orang tua penerima bantuan diharapkan memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan kangen dengan baik khususnya untuk kedua aspek tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Salahudin, SH menjelaskan bahwa  jumlah alokasi dana PKH yang disalurkan ke Kabupaten Bima mencapai Rp. 100 miliar.  "Jumlah ini mengalami peningkatan dari Rp70 milyar pada tahun 2018 lalu. Pada tahap I disalurkan Rp49,47 Milyar sedangkan sisanya akan kembali disalurkan pada triwulan berikutnya," ungkap Salahudin.

Diakuinya, bantuan yang diterima tiap triwulan melalui rekening  masing-masing penerima ini jumlahnya mengalami peningkatan dari tahun 2018 yang berkisar antara Rp1,8 juta menjadi minimal Rp3,8 hingga 10 juta per keluarga penerima bantuan. Setelah penyaluran PKH tingkat kabupaten Bima yang dipusatkan di Kecamatan Bolo selanjutnya juga akan dilakukan penyerahan di kecamatan lainnya. (GA. 212*) 

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.