Header Ads

Pemkab Bima dan Bulog Salurkan Bansos Rastra ke 39.995 KPM



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan Bulog Bima menyalurkan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) bagi Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang berada di wilayah Kabupaten Bima tahun 2019. Penyerahan beras sejahtera tersebut dilangsungkan di komplek Pergudangan Bulog di desa Bolo Kecamatan Madapangga, Jum’at (8/2).

Selain dihadiri oleh Bupati Bima, kegiatan tersebut juga dihadiri para Kabag lingkup Setda Bima, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bima, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima beserta jajarannya, Kepala Sub Divisi Regional Bulog Bima, Camat Madapangga, Camat Bolo serta warga masyarakat yang menerima beras sejahtera.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Salahuddin, SH, M.Si, menjelaskan bahwa tahun ini pemerintah Kabupaten Bima bersama Bulog meyalurkan bansos beras sejahtera kepada Kelompok Penerima Manfaat (masyarakat) yang berada di wilayah Kabupaten Bima yang didistribusikan sejumlah 39.995 KPM dengan realisasi beras rastra yang diterima oleh KPM sebanyak 399 ton 950 Kg, sehingga dengan jumlah tersebut masing-masing KPM mendapatkan bantuan beras sejahtera sebanyak 10 Kg. "Bansos beras sejahtera kepada KPM ini dalam rangka untuk mengurangi beban pengeluaran KPM bantuan sosial beras sejahtera melalui pemenuhan sebagian khusus kebutuhan pangan dalam jangka waktu tertentu tanpa dikenakan biaya tebus," ungkapnya.

Dalam rangka memberikan kemudahan bagi KPM penerima beras sejahtera, kedepannya pemerintah akan memberikan kartu yang bisa dicairkan melalui warung yang sudah ditunjuk oleh pemerintah seperti di E-Warung yang di kelola oleh BUMDesa. "Kupon ini bisa langsung dibelanjakan  untuk Sembako dan lauk pauk, untuk setiap pembelianya Rp110.000," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Sub Divisi Regional Bulog Bima, Harisun. Tahun ini, kata dia, jumlah stok beras untuk masyarkat Kabupaten Bima relative aman sebesar 7 ribu ton. Dari jumlah tersebut, pihaknya menyimpanya di Gudang Bulog sehingga apabila pemerintah membutuhkan beras untuk menyalurkan kepada masyarakat maka pihaknya selaku Kepala Sub Divisi Regional Bulog Bima akan menyediakan beras tersebut dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. "Maka dari itu tugas kami adalah selaku penyedia barang berupa beras untk disalurkan kepada Penerima Manfaat yang berada di Kabupaten Bima," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam amanatnya mengatakan bahwa penyaluran Beras Sejahtera untuk Rumah Tangga Miskin bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan rumah tangga terutama rumah tangga miskin. Oleh karena itu pemberian beras untuk keluarga miskin diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan pada keluarga miskin melalui pendistribusian beras maksimal 10 kg/KK/bulan.

Ia mengimbau KPM agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan hidupya, sehingga dari bantuan beras ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidupnya. "Penyaluran beras sejahtera ini merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga saya selaku kepala daerah mengharapkan bantuan kepada masyarakat, pihak keamanan, camat agar dapat mengawal penyaluran beras sejahtera ini sehingga kedepannya beras sejahtera tersebut dapat diterima oleh masyarakat yang membutuhkannya," harapnya.

Kepada seluruh Kepala Desa dan Camat dimintanya agar dapat mendata jumlah warga masyarakat penerima manfaat di desanya sehingga dengan adanya pendataan tersebut masyarakat dapat diberikan bantuan berupa beras sejahtera ini dengan tepat sasaran. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.