Header Ads

Kelurahan Jatiwangi Gelar Musrenbang, Ketua LPM Syamsuddin, S. Sos, Tekankan Usulan Prioritas



Kota Bima, Garda Asakota.-

Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima Senin Sore, (4/2) melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Jatiwangi. Musrenbang yang dihelat di Aula kantor Kelurahan ini dihadiri oleh Sekcam Asakota, Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua RT RW se-Kelurahan Jatiwangi.

Lurah Jatiwangi Muhammad H. MH, S.Sos, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas partisipasi pengurus RT RW yang baru karena telah hadir menghargai undangannya. "Terimakasih pada teman-teman RT dan RW karena telah hadiri undangan kami," ucapnya.

Untuk di ketahui, kata dia, bahwa hari ini pihaknya kembali melaksanakan satu kegiatan rutin setiap awal tahun di setiap Kelurahan se Kota Bima yaitu kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Jatiwangi tahun 2019. Dia berharap apa yang menjadi prioritas pembangunan di tiap lingkungan itu yang harus di isi dalam form yang di bagikan. "Sehingga diketahui pada Musrenbang ini ada 10 item usulan yang disampaikan nantinya di mana dari sepuluh usulan tersebut sembilan di antaranya adalah berasal dari usulan RW se kelurahan dan satu usulan Kelurahan Jatiwangi. "Nanti ada form yang nantinya akan diisi oleh 10 skala prioritas yaitu berasal dari 9 dari lingkungan RT dan 1 dari pengurus RW," jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Asakota melalui Sekertaris Camat, H. Idris, HM. SE, menyampaikan bahwa Pihak kecamatan atau Kelurahan hanya bertugas menampung apa yang menjadi usulan atau aspirasi masyarakat dari bawah melalui RT RW dalam kegiatan Musrenbang tingkat Kelurahan ini untuk di sampaikan pada Musrenbang tingkat Kota nantinya berdasarkan skala prioritasnya. Kemudian hal lain yang ingin disampaikan pihaknya adalah terkait dengan Proposal masyarakat bahwa setiap Juli Agustus itu di laksanakan pembahasan APBD Perubahan. "Oleh karenanya diharapkan agar permohonan bantuan tersebut di serahkan sebelum bulan bulan tersebut agar bisa di akomodir tahun selanjutnya," paparnya.

Kemudian lanjutnya, pada Musrenbang ini ada tiga bidang yang sasarannya yaitu bidang fisik berupa infrastruktur diantaranya gang, jalan, drainase, jembatan, bronjongnisasi dan sebagainya. Lalu bidang sosial budaya salah satunya adalah tempat peribadatan, sarana prasarana Kesenian Daerah dan Bidang Ekonomi berupa Bantuan Usaha Ekonomi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

"Apa yang menjadi skala prioritas tingkat Kelurahan akan dipresentasikan oleh Lurahnya sendiri di tingkat Kecamatan. Dan khusus Bidang Ekonomi ini merupakan sudah menjadi prioritas pasangan Walikota dan Wakil Walikota Bima yang baru yang menginginkan penguatan Ekonomi kerakyatan sesuai dengan janji politiknya pada Pilkada lalu yang berbentuk Bantuan Usaha Bakulan. Untuk bisa mendapatkan dana Ekonomi tersebut mesti melalui prosedur dan ketentuan yang telah di atur," tegas Sekcam.

Sementara itu Ketua LPM Jatiwangi, Syamsudin, S.Sos.dalam, menekankan bahwa apa yang di usulkan oleh RT dan RW nantinya merupakan program skala prioritas yang ada di setiap lingkungannya. "Usulan itu harus di lihat dari sisi kebutuhan RT RW-nya yang benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat bukan berdasarkan kepentingan pribadi golongan atau kelompok," pungkasnya Caleg PBB nomor urut 1 Dapil Asakota Kota Bima ini singkat. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.