Header Ads

Gandeng PNM, DPPKB Kobi Berkomitmen Ciptakan Keluarga yang Sejahterah

Drs. H. Suriadi, M.Pd.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Peran utama pihak DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Bima dalam menjalin kerjasama dengan PNM adalah semata-mata untuk meningkatkan optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPPKB itu sendiri sebagai sebuah instansi Pemerintah dalam membangun sebuah keluarga yang sejahterah.

"Itulah kenapa kami mau bergandengan tangan dengan PNM karena tujuan kita sama yaitu menciptakan keluarga yang sejahtera. Kami melalui program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), sementara PNM melalui bantuan permodalannya," jelas Kepala DPPKB Kota Bima, Drs. H. Suriadi, M.Pd, kepada wartawan, Rabu pagi (12/02).

Hal itupula, kata dia, selaras dengan Undang Undang No.58 Tahun 2009 tentang tiga tugas pokok daripada DPPKB yaitu (Kependudukan yang mencakup tentang bagaimana DPPKB ini berupaya melaksanakan fungsi pengendalian penduduk, meningkatkan kualitas penduduk dan bagaimana pula upaya DPPKB dalam menyeimbangkan pertumbuhan penduduk.

Kemudian yang kedua, kata dia, tentang keluarga berencana yaitu bagaimana upaya DPPKB ini agar masyarakat bisa hidup sejahtera dengan 2 anak cukup melalui Program Kontrasepsi KB yang jangka panjang (Permanen) dengan tiga cara yaitu MOW (Modus Operasi Wanita atau steril), MOW (Modus Operasi Pria) dan Pemasangan Spiral atau Susuk/Implan kemudian jangka pendek (Non Permanen) dengan tiga cara pula yaitu Kondom, Suntik dan Pil KB dan Program KB ini telah berhasil di laksanakan melalui program MKJP-nya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang atau Permanen.

Selanjutnya tugas pokok DPPKB, kata mantan Asisten Setda Kota Bima ini adalah pembangunan keluarga yaitu bagaimana masyarakat di tataran pemuda memahami akan usia produktif perkawinan di mana usia produktif untuk laki laki minimal 25 tahun dan wanita minimal 21 tahun.

Hal-hal inilah barangkali yang sangat urgen disampaikan pihaknya kepada masyarakat melalui intensitas sosialisasi turun langsung ke tengah-tengah kehidupan masyarakat dan juga sangatlah tepat kiranya bahwa keberadaan PNM yang menggandeng DPPKB sebagai mitra karena memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan Kesejahteraan kepada masyarakat. "Dan hal ini juga selaras dengan salah satu program Pemerintahan Lutfi Feri yaitu pemberdayaan masyarakat melalui bantuan Permodalan sehingga di harapkan nantinya akan tercipta lapangan kerja," tandasnya. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.