Header Ads

Diaddendum, Pekerjaan Proyek Jembatan Gantung Paruga Tinggal Finishing Saja


Kota Bima, Garda Asakota.-

Pelaksanaan pekerjaan proyek Rekonstruksi Jembatan Gantung Paruga Kota Bima sudah hampir rampung. Proyek ini dikerjakan sejak 9 Oktober 2018 lalu oleh CV Nurta Karya dengan pagu dana sekitar Rp1,6 Milyar.  "Kalau pemasangan konstruksi bajanya sih sudah selesai beberapa minggu yang lalu, sekarang tinggal pemasangan papan dan tali anginnya saja dan sekarang sedang kita tuntaskan pemasangannya saja," ungkap Pelaksana Proyek Rekonstruksi Jembatan Gantung Paruga Kota Bima, A. Haris, kepada Garda Asakota, Selasa (26/2).

Diakuinya, pekerjaan proyek rehabilitasi pasca bencana tersebut lewat pekerjaannya per 31 Desember 2018 lantaran ada item pekerjaan yang dirubah konstruksinya. Dulu, kata dia, pemasangan awal pondasinya rata dengan tebing. Kemudian datang banjir di bulan Desember 2018, dari situ dapat dilihat kondisi banjir yang hampir rata dengan fondasi dan bronjong sungai. "Jadi kelihatannya fondasi rendah sehingga dilakukan perubahan konstruksi, fondasinya dintinggikan lagi sekitar satu meter," jelasnya.

Perubahan konstruksi ini, sambungnya diketahui dan disetujui oleh dinas teknis seperti dinas PU maupun pihak BPBD. "Akibat perubahan konstruksi ini berimbas kepada waktu pelaksanaan proyek, karena yang namanya beton saat itu butuh waktu 26 hari sehingga sampai pada proses addendum atau perpanjangan masa kontrak. Nah, sekarang pekerjaan jembatannya tinggal finishing saja," tegasnya seraya memastikan bahwa, sebelum tanggal 16 Maret 2019 mendatang pekerjaan fisik proyek tersebut akan tuntas dan siap diserah terimakan. "InsyaAllah tidak ada masalah dalam pelaksanaan proyek tersebut  kalaupun ada kekurangan item pekerjaan kami siap ditegur oleh Pengawas dan siap perbaiki. Tapi InsyaAllah kami yakin tidak ada kendala dan sebelum tanggal 16 Maret pekerjaannya sudah tuntas," pungkas Haris. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.