Header Ads

Di Acara Musrenbang, Camat Asakota Paparkan Rencana Program Kedepan



Kota Bima, Garda Asakota.-

Memasuki tahun kelima keberadaannya sebagai Camat Asakota, Drs. Is Fahmi mepaparkan berbagai hal tentang kondisi wilayahnya pada kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Asakota yang di helat Senin pagi (11/2) di aula kantor Camat Asakota. Hadir dalam pertemuan tersebut Anggota DPRD Dapil Asakota, Kepala Bappeda, Ir. Darwis, Dinas Badan lingkup Pemerintah Kota Bima, Lurah se kecamatan Asakota, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna,TP PKK, Kapolsek, Babinsa, Babinkamtibmas, serta tokoh masyarakat Asakota.

Sebelum memaparkan berbagai hal tersebut  mantan Kabag Humaspro Setda Kota Bima ini memberikan apresiasi khusus kepada dua anggota DPRD Dapil Asakota yang rutin hadir dalam setiap agenda Musrenbang. "Patut kami berikan apresiasi kepada Ir. M. Nor dan Hj. Rini Anggriani, yang rutin hadir dalam agenda Musrenbang Kecamatan Asakota," ucapnya.

Camat mengaku, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya itu merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan dilaksanakan secara berjenjang menuju perjalanan pembangunan Kecamatan Asakota sampai 2020. Kegiatan inipun, kata dia, merupakan tindaklanjut dari pada Musrenbang tingkat Kelurahan. "Kegiatan ini juga adalah merupakan sebuah wadah bagi kita untuk menyampaikan ide dan gagasan kita terhadap masalah-masalah yang terjadi di tingkat bawah untuk di carikan jalan keluarnya," paparnya.

Selain itu juga sambungnya, kegiatan ini juga adalah sebuah wahana untuk mensinergikan usulan-usulan yang menjadi kebutuhan prioritas yang di rencanakan di tingkat kelurahan yang selanjutnya akan menjadi dokumen perencanaan di Kecamatan hingga ke Musrenbang Kota nantinya. "Secara umum dapat kami sampaikan bahwa dalam catatannya ada banyak usulan yang disampaikan masyarakat di tingkat Kelurahan yaitu untuk bidang fisik mencakup 146 usulan, kemudian bidang sosial budaya 56 dan bidang ekonomi 46 usulan yangmana  kesemua usulan tersebut akan dipaparkan secara rinci oleh masing-masing Lurah," ungkap Camat.

Ada beberapa hal-lain yang juga menjadi sebuah tantangan kedepan di Wilayah kecamatan Asakota yang ingin di wujudkan oleh pemerintah nantinya antara lain sarana prasarana peningkatan kualitas pelayanan publik kemudian sarana meningkatkan integritas aparatur serta beberapa sarana prasarana peningkatan Infrastruktur lainnya untuk mendukung pelayanan yang lebih baik kedepannya termasuk kantor camat Asakota yang sudah layak untuk di perhatikan kondisinya agar lebih baik.

Mengakhiri sambutannya Camat Asakota mengungkapkan keinginannya bagaimana mengelola Kecamatan Asakota menjadi sebuah kecamatan yang Maju dari semua sektor. Dari enam kelurahan yang ada ia menginginkan agar Kelurahan Jatiwangi dan Ule jadi pusat Pemerintahan Sosial dan Pertahanan Keamanan.

Kemudian Kelurahan Kolo sebagai kawasan Pariwisata dan Pengolahan Perikanan, Kelurahan Jatibaru Barat dan Timur jadi Kawasan Konservasi Lingkungan dan Pertanian dan Kelurahan Melayu sebagai Pusat  Ekonomi dan Jasa Skala Lokal. "Semoga usulan dan harapan kami ini di Pemerintahan yang lebih tinggi dapat tertuang dalam rencana program pembangunan Kecamatan Asakota," harapnya.

Pantauan langsung wartawan, usai mendengarkan sambutan Camat Asakota acara Musrenbang dilanjutkan dengan pemaparan berbagai macam usulan dan aspirasi oleh seluruh Pimpinan Kelurahan se-kecamatan Asakota yang telah mereka rangkum berdasarkan hasil Musrenbang tingkat Kelurahan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Bima, Ir. Darwis, mengapresiasi segala aspirasi yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan Asakota. Pihaknya berjanji aspirasi itu nantinya akan di perjuangkan di tingkat Kota Bima. Hanya saja ia mengingatkan agar aspirasi atau usulan yang di sampaikan melalui forum resmi ini merupakan sebuah prioritas bagi kebutuhan masyarakat atau tidak. "Jika memang inibmenjadi prioritas maka InsyaAllah akan kita perjuangkan," tandasnya singkat. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.