-->

Notification

×

Iklan

Bupati Bima Tegaskan, Arsip Bukti Akuntabilitas Kinerja

Monday, February 11, 2019 | Monday, February 11, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-02-11T09:12:38Z

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Manajemen kearsipan merupakan suatu hal yang sangat penting karena itu diperlukan pengelolaan arsip yang baik mengingat fungsinya sebagai alat pertimbangan dalam pengambilan keputusan pemerintah. Oleh karena itu seluruh unit kerja pemerintah Kabupaten Bima harus mampu menjamin ketersediaan arsip sebagai bukti akuntabilitas kinerja.


Demikian dikatakan Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayani Putri, SE, Senin (11/2) saat memberikan sambutan pada Bimbingan Teknis Penataan Arsip Perangkat Daerah dan Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2019 di Hotel La Ila Kota Bima.

Di hadapan 60 orang peserta Bimtek yang merupakan tenaga kearsipan OPD dan Kecamatan tersebut, Bupati mengatakan bahwa sebagian masyarakat masih memandang bahwa penataan arsip merupakan hal yang sepele. Tetapi ketika menghadapi persoalan hukum, kata dia keberadaan arsip sebagai bukti otentik sangat dibutuhkan.

Bupati juga menekankan kepada para tenaga arsip yang akan mengikuti Bimtek selama tiga hari tersebut untuk mengelola arsip di masing-masing ini kerja secara tepat. "Dengan teknik tata kelola arsip yang baik dan dipelajari selama tiga hari pada kegiatan ini, para peserta diharapkan akan mampu menerapkan tata kelola dokumen kearsipan dengan baik," jelas Bupati.

Sebelumnya, Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bima, Drs. H. Moch Mawardy MT, melalui Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bima Julkifli SH, MH, dalam laporannya mengharapkan agar peserta Bimtek mampu memanfaatkan dengan baik kegiatan untuk melakukan penataan dalam menyongsong Lomba Penataan Arsip dan OPD yang akan digelar beberapa bulan mendatang. 

Julkifli juga menekankan bahwa salah satu titik berat tata kelola arsip adalah pentingnya regulasi sebagai acuan pelaksanaan di tingkat OPD. "Pada tahun 2017 telah diterbitkan Peraturan Bupati yang berkaitan dengan pengelolaan arsip. Demikian halnya pada tahun 2018, dan pada tahun 2019 sedang dilakukan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang pengelolaan arsip daerah," ungkapnya. Peserta Bimtek mendapatkan materi tentang Teori penataan kearsipan melalui e-arsip yang dipaparkan H. Suhaimi SH, Kabid Arsip Dinamis Lembaga Kearsipan Provinsi NTB. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update