Header Ads

Pilkades Serentak Sukses, Bupati Bima Lantik 53 Orang Kades Terpilih

Disaksikan Rohaniawan dan Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin AP, MM, Bupati menandatangani berita acara pelantikan 53 orang Kades di Kabupaten Bima.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, secara serantak melantik dan mengambil sumpah 53 orang Kepala Desa (Kades) terpilih dalam perhelatan Pilkades beberapa waktu lalu. Pelantikan ini dipusatkan di halaman kantor Bupati Biman, Senin (28/1) dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, unsur FKPD, Sekda Kabupaten Bima, Kepala DPMDes, para Kabag, Staf Ahli, Kepala OPD, dan sejumlah Camat.



Usai dilantik dan diambil sumpah jabatan, masing-masing Kades melakukan penandatanganan berita acara sumpah yang disaksikan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri. Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin AP, MM, dan rohaniawan. Adapun para Kades yang dilantik ini berdasarkan Lampiran SK Bupati Bima Nomor:188.45/98/06.16/2019 sampai dengan nomor 188.45/149/06.16/2019 tanggal 25 Febuari 2019 tentang memberhentikan dengan hormat penjabat Kepala Desa dan mengangkat Kepala Desa terpilih hasil Pilkades di 53 Desa.

Dalam amanatnya, Bupati menekankan bahwa seorang kepala desa harus menjadi pelayan masyarakat dan menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dengan baik, sehingga dapat memimpin suatu desa dengan baik. "Dengan amanah yang diemban, seorang kepala desa dapat memberikan pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa harus senantiasa ditonjolkan. Ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa," paparnya.

Kepada seluruh kepala desa yang baru saja diambil sumpah jabatan ini, diingatkannya agar dalam menjalankan tugas sebagai kepala desa dapat menjalankan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa  dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas. Mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan, sejak hari ini hingga enam tahun kedepan, diamanatkan sekaligus sangat tergantung pada kinerja Saudara.

Salah satu indikator yang mempengaruhi keberhasilan menjalankan sebuah organisasi adalah adannya fungsi kepemimpinan, karena dalam organisasi terdapat mekanisme koordinasi, pengendalian, penerapan aturan, pelaksanaan tugas dan hirarki. Perpaduan semua mekanisme tersebut dapait berjalan karena adannya kepemimpinan. Oleh karena itu, kata dia, dalam menjalankan kepemimpinannya kepala desa dituntut untuk lebih kreatif dan inovasi sebagai kepala desa. "Saudara mempunyai kewenangan untuk mengatur kehidupan masyarakat yang di tuangkan dalam peraturan desa. Dengan kewenangan tersebut,  saudara semestinya bisa lebih kreatif untuk mewujudkan harapan masyarakat," pintanya seraya meminta agar kedepanya kepala desa dapat sesegera mungkin menyusun perencanaan dalam pembangunan desa, mengingat sekarang masyarakat telah menunggu gebrakan kepala desa yang baru dilantik untuk menjalankan roda pemerintahan di desa. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.