Header Ads

Pasca Penerapan Satu Jalur, Pihak Dishub Akui Tingkat Kecelakaan Menurun Drastis

Drs. Sugiarto

Kota Bima, Garda Asakota.-

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima mengungkapkan bahwa tingkat kecelakaan di Kota Bima menurun drastis sepanjang 2 tahun terakhir ini pasca diberlakukannya satu jalur di dua ruas jalan Kobi yakni jalan Soekarno Hatta untuk jalur ke arah Barat dan jalan Gajah Mada untuk jalur ke Timur. "Kita amati memang tingkat kecelakaan sepeda motor dan mobil di Kota Bima menurun drastis setelah di berlakukannya arus satu jalur," ungkap Sugiarto, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bima kepada wartawan, Jumat (11/1).

Diakuinya, sebelum diberlakukannya arus satu jalur di kota Bima sering sekali terjadi masalah kecelakaan lalu lintas bahkan hampir setiap hari terjadi kecelakaan terutama kendaraan roda dua. Biasanya, kata dia, pada perayaan hari-hari besar besar dan  libur panjang  tahun baru  sering sekali terjadi kecelakaan. "Apalagi sebelum diberlakukannya arus satu jalur tersebut masyarakat kota Bima khususnya anak-anak dan remaja sering mengalami kecelakaan di malam tahun baru. Namun angka ini terbalik setelah diberlakukannya arus satu jalur, Alhamdulillah sekarang tingkat kecelakaan di Kota Bima menurun drastis," bandingnya.

Beberapa pekan lalu pada saat malam tahun baru 2019, pihaknya turun langsung di jalan dan ikut serta dalam mengatur lalu lintas termasuk mengatur padatnya kendaraan di jalan Amahami. "Namun Alhamdulillah, walaupun pada saat itu keadaan kendaraan sangat padat, namun tidak mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Begitupun di sepanjang jalan Soekarno Hatta, berdasarkan informasi yang saya terima dari petugas lapangan juga tidak ada permasalahan yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di sekitar jalan tersebut. Ini semua atas kerja sama pemerintah Kota Bima melalui Dinas Perhubungan Kota Bima dan Polres Bima Kota melalui satuan lalu lintasnya, yang juga ikut serta dalam mengamankan kondisi lalu lintas di wilayah Kota Bima," katanya.

Mewakili Dinas Perhubungan Kota Bima Sugiarto menyampaikan  ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja sama dan ikut serta dalam melayani masyarakat dalam berlalu lintas. "Saya harapkan juga kepada masyarakat agar sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara supaya bisa kita hindari hal-hal yang buruk yang bisa saja terjadi pada diri kita," imbaunya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.