Header Ads

Dinas PU Akan Perjuangkan Hotmiks Jalan Lintas Pandai Paling Telat Tahun 2020


Kadis PU Kabupaten Bima, Ir. H. Nggempo.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima sudah mengetahui dan mengidentifikasi kerusakan jalan lintas Desa Pandai Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Kepala Dinas PU Kabupaten Bima, Ir. H. Nggempo, melalui Kabid Bina Marga Ir. Sutarmin, menjelaskan bahwa mengingat anggaran APBD Pemkab Bima Tahun Anggaran 2019 sudah final, maka pihaknya akan mengupayakan alokasi anggarannya paling telat di tahun 2020. "Berhubung DPA kita tahun 2019 sudah final, maka InsyaAllah penganggaran jalan lintas pandai akan kita upayakan tahun 2020 dan kalaupun ada peluang nanti kita usahakan dalam APBD Perubahan 2019," ujar Sutarmin kepada wartawan, Rabu pagi (30/1).

Diakuinya tahun 2019 ini Kabupaten Bima telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp36 milyar yang bersumber dari DAK untuk perbaikan infrastruktur jalan Kabupaten. Dana tersebut, kata dia, akan digunakan untuk aspal 12 ruas ruas jalan Kabupaten seperti di jalan lintas Donggobolo-Kalampa dan jalan lintas Talabiu-Dore. "Jadi ruas jalan yang kita tangani ini yang memang sudah mendesak untuk diperbaiki," terangnya.

Ketika disinggung kerusakan jalan lintas Tente Parado yang kemarin sempat menuai aksi pemblokiran warga, Kabid Bina Marga mengakui bahwa jalan tersebut adalah kewenangan provinsi. Meski demikian pihaknya selaku dinas teknik Kabupaten Bima tidak menutup mata akan persoalan yang dihadapi oleh warga masyarakat. "Makanya begitu mendapat laporan tentang kerusakan jalan itu kami langsung berkoordinasi dengan Satker jalan Provinsi di Kota Bima. Dan mereka sudah langsung ke lokasi untuk proses perbaikan di titik-titik yang terjadi kerusakan parah, kebetulan saat aksi itu ada tim Bina Marga Kabupaten juga yang sedang turun survei makanya informasi itu kita teruskan ke pada Satker Bina Marga Provinsi. InsyaAllah sesuai dengan koordinasi kita dengan Satker Provinsi jalan lintas Tente itu akan ditangani titik-titik yang rusak dengan hotmiks," kata Sutarmin.

Sutarmin menambahkan bahwa jalan lintas provinsi lainnya seperti jalan lintas Parado Lere rencananya tahun ini akan di hotmiks oleh PU Provinsi. "Kabar yang saya terima bahwa ini rencana awal, hotmix jalan lintas Parado Lere, dan kemungkinan akan tembus sampai Hu'u Kabupaten Dompu," pungkasnya. (GA. 212*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.