-->

Notification

×

Iklan

Apel Gabungan, Salah Satu Kewajiban ASN

Monday, January 14, 2019 | Monday, January 14, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-01-14T02:13:49Z
Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Senin pagi (14/1) memimpin apel gabungan pegawai lingkup Pemkab Bima yang dilaksanakan di ahalaman kantor Bupati Bima Kecamatan Woha, Senin (14/1). Ia menegaskan bahwa, kegiatan apel gabungan  yang dihelat setiap awal bulan ini merupakan salah satu kewajiban Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bentuk dari pengabdian dalam melayani kepala daerah dan warga masyarakat.

Menurutnya, ada banyak makna dibalik kegiatan apel pagi. Salah satunya, kata dia, selain dihajatkan sebagai wahana silaturahim birokrasi juga menjadi momentum trasformasi tekad, semangat dan pembinaan. "Sehingga secara totalitas pada diri masing-masing aparatur tertanam ikatan koordinasi yang sinergi dan terpadu dalam setiap penyelenggaraan tugas pengabdian," ungkapnya seperti disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda, Hj. Sitha Arna, S.Sos.

Pada momentum apel gabungan ini, ada beberapa hal yang ingin disampaikan Bupati untuk dijadikan inpirasi dalam pelaksanaan tugas. Menurutnya, dalam kurun waktu setahun terakhir melalui masing-masing leading sektor berbagai fasilitas pelayanan kebutuhan masyarakat telah diiktiarkan untuk dbangun secara maksimal, begitupun berabagai program pemberdayaan juga telah direalisasikan. Di tahun 2018 berlalu beriring akumulasi capaian dan prestasi, juga tentunya menyisakan aneka kewajiban yang mesti ditingkatkan, dituntaskan pada waktu kini dan selanjutnya. "Jadikan tahun 2019 sebagai waktu yang mengharuskan kita semua untuk menjawab tuntutan maksimalisasi dalam arti luas," pesannya.

Ia juga berpesan pada para ASN agar dapat melaksanakanlah TUPOKSI dengan bekerja keras, cerdas dan cermat yang dilandasi rasa kebersamaan dan keterpaduan sehingga setiap tantantangan yang mengemuka dapat diretas dengan menyikapi langkah solusi agar tingkat kelemahan dan kekurangan pelaksanaan tugas dapat direduksi. "Tunjukkan jati diri sebagai ASN yang memiliki kemapaman dari arti luas, mulai dari kualitas profesionalitas, kesadaran moral untuk senantiasa bersikap jujur, penuh prestasi, berdedikasi, loyalitas dalam melaksanakan tugas hingga kesanggupan untuk mencerminkan sikap dan prilaku yang dapat diteladani, mendidik serta mengayomi masyarakat," katanya.

Disamping itu, dalam melaksanakan TUPOKSI perlu adanya perubahan dan inovasi dalam diri ASN, dimana setiap instansi di dorong untuk melaksanakan inovasi utama (main innovation)  yang benar-benar menonjol dan bisa membawa dampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pengembangan inovasi pelayanan publik ini perlu didukung oleh ASN yang kompetitif sehingga perlu dilakukan pengembangan kompetensi ASN sehingga kedepannya SDM birokrasi akan di isi oleh ASN yang handal dan berkualitas. Bupati Bima berharap dengan adanya perubahan dan inovasi kedepanya dapat memberikan pelayanan publik, dan pembangunan sehingga  pada akhirnya akan bertransformasi ke dalam ragam bentuk kebaruan dan kemanfaatan  mengikuti tantangan dan kebutuhan lingkungan strategisnya. (GA. 212*)

  
×
Berita Terbaru Update