Header Ads

Antisipasi Serangan Rabies, Dinas Pertanian Kobi Bergerak Cepat

Ilustrasi

Kota Bima, Garda Asakota.-

KLB (Kasus Luar Biasa) Penyakit Rabies (Anjing Gila) yang belum lama ini santer terdengar menimpa wilayah Kabupaten Dompu dan bahkan telah memakan korban rupanya telah membuat ketar-ketir dan kekhawatiran dinas terkait di Pemerintahan Kota Bima. Karena penyakit Rabies sepertinya sedang diantisipasi masuk ke wilayah Kabupaten Bima.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut Dinas pertanian Kota Bima di bawah kendali Ir. Hj. Rini Anggriani, bergerak cepat melakukan beberapa langkah-langkah yang dinilai mampu meredam masuk dan terjadinya wabah Rabies yang merupakan salah satu penyakit mematikan sekaligus mengerikan dari sekian banyak wabah mematikan lainnya yang menyerang tubuh manusia. "Langkah antisipasi yang akan dilakukan yaitu kami akan mengeluarkan surat himbauan kepada masyarakat agar dapat mengantisipasi hadirnya penyakit mematikan yang menyerang tubuh manusia tersebut. Kami sudah keluarkan surat himbauannya tinggal menunggu tandatangan Walikota saja setelahnya baru akan kami bagikan ke Kantor Kecamatan, Kelurahan juga Puskesmas se Kota Bima,"  kata Kadis Pertanian Kota Bima.

Himbauan ini lanjut Hj. Rini utamanya ditujukan pada para petani ladang karena bisa di pastikan bahwa musim tanam seperti sekarang masyarakat petani ladang tak pernah jauh dari memelihara anjing sebagai peliharaan yang mendampinginya dalam menjaga tanamannya. Oleh karenanya diminta kepada para petani untuk sementara ini dapat menjaga diri dari gigitan hewan piaraannya karena tidak hanya berbahaya bagi tuannya tapi juga berbahaya untuk keselamatan orang sekitarnya.

"Setelah imbauan ini di keluarkan dan disebarkan kemudian baru di laksanakan sosialisasi di setiap kecamatan dan kelurahan juga di lakukan langkah tegas dengan jalan mengeliminasi binatang mematikan ini, oleh karenanya kami menghimbau kepada pemilik hewan ini untuk dapat merawatnya dengan baik dengan cara rutin memeriksakan kesehatan piaraaanya kepada dokter hewan dan periksa juga kuku dan lendirnya. Ada hal hal yang harus menjadi perhatian sebagai ciri-ciri dari Rabies atau Anjing Gila ini yaitu matanya melotot, kukunya panjang dan lendirnya kental karena di semua sisi Rabies ini memiliki racun mematikan," pungkasnya. (GA. 335*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.