Header Ads

Walikota Launching Layanan Call Center "Kota Bima Siaga 112"

Walikota Bima, HM. Lutfi, SE
Kota Bima, Garda Asakota.-

Kamis, 6 Desember 2018, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, me-launching Layanan Call Center "Kota Bima Siaga 112" di aula Kantor Walikota Bima. Hadir Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Prof. Dr  Ir. Agung Haryono, MSc, Direktur Utama PT Jasnita Telekominda Welly Kosasih,  Sekretaris Daerah Kota Bima, seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Bima serta Camat dan Lurah.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Ir. Supawarman, layanan ini berfungsi untuk melayani warga dalam situasi darurat. Dengan adanya layanan call center 112 masyarakat tidak harus mengingat beberapa nomor seperti yang selama ini dilakukan. Layanan kedaruratan 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat yang dapat menerima, maupun mengirimkan permintaan pertolongan dari masyarakat. "Kedepannya, masyarakat yang membutuhkan tinggal menghubungi dan operator langsung meneruskan", ujar Kadis Kominfo.

Launching Layanan Nomor Panggilan Darurat Call Center 112 dilakukan oleh Walikota Bima bersama Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Kementerian Kominfo Republik Indonesia dan Direktur Utama PT Jasnita Telekominda yang ditandai dengan penekanan tombol sirine.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Implementasi dan Pengembangan Layanan Pusat Panggilan Darurat 112 antara Pemerintah Kota Bima dengan PT Jasnita Telekominda.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Kementrian Kominfo menyampaikan bahwa Kota Bima merupakan Kota kedua di NTB dan Pemerintah Daerah ke-28 di Indonesia yang me-launching layanan nomor panggilan darurat Call Center 112. "Semoga dengan launching Nomor Panggilan Darurat Call Center 112 di Kota Bima masyarakat dapat benar-benar merasa kehadiran negara/pemerintah dan merasa tertolong dalam keadaan marabahaya", jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bima mengharapkan nomor call center 112 ini dapat lebih mempermudah dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat di Kota Bima terutama keterkaitannya dengan penanggulangan keadaan darurat. Baginya, program ini akan memberikan manfaat besar apabila dengan hadirnya nomor darurat mempercepat penanganan kegawatdaruratan dan meminimalisir korban. "Layanan ini tidak main-main, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan sehingga masyarakat merasa tertolong. Launching ini jangan hanya slogan, jadikan pelayanan publik yang nyata", harap Walikota.

Dimintanya dinas terkait dalam hal ini Dinas Kominfo untuk memperkuat koordinasi lintas sektor agar pelayanan yang diberikan benar-benar maksimal. Demikian pula operator yang ada di tiap OPD terkait harus benar-benar terkoneksi dengan layanan ini.

"Diharapkan ke depannya Kota Bima menjadi Smart City yang paripurna dimana semua sistem terkoneksi menggunakan IT", ujar Walikota. Acara kemudian dilanjutkan dengan penelponan perdana layanan panggilan darurat call center 112 oleh Walikota Bima dan peninjauan ke ruangan layanan nomor panggilan darurat call center 112 di Kantor Dinas Kominfo Kota Bima. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.