Header Ads

TNI/POLRI Dukung Penuh Pengamanan Pilkades Serentak




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Meskipun terdapat sejumlah dinamika yang mewarnai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara Serentak Kamis (20/12) pada 53 Desa se-kabupaten Bima, namun suasana aman dan terkendali tetap tercipta berkat dukungan penuh personil TNI/POLRI  yang bertugas.

Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima H. Abdul Wahab Usman, SH, M.Si, yang turut bersama rombongan mengaku mulai dari pagi hari Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Wakil Bupati Dahlan M Noer, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, unsur FKPD, Sekda Drs. H. M. Taufik, HAK, M.Si, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima turun langsung melakukan pemantauan secara marathon di beberapa desa  pada sejumlah kecamatan. "Ini ditujukan untuk memastikan pesta demokrasi tingkat desa tersebut  berlangsung aman, damai dan sukses," kata Wahab.

Kemarin pagi, rombongan Bupati bertolak ke beberapa desa di kecamatan Woha, Belo dan Palibelo,  sore harinya dilanjutkan ke Kecamatan Sape dan Lambu. Sampai jam 24.00 Wita, rombongan Bupati terlihat masih berada di kecamatan Sape. Selanjutnya,  pada sore hingga malam hari  rombongan Wakil Bupati memantau proses Pilkades di Kecamatan Monta, Langgudu.

Khusus kecamatan Sape, seperti di Desa Sari,  hingga Kamis malam (20/12) terpantau ada sedikit riak dari masyarakat, yang menuntut kelanjutan proses dugaan politik uang yang diduga berhubungan dengan calon yang menang. Demikian halnya di desa Bugis,  kondisi terpantau memang ada protes warga terhadap panitia desa yang  diduga tidak memberikan kesempatan yang adil bagi para pemilih. Meski protes sempat meluas sampai malam hari namun situasi tetap kondusif berkat dukungan dari  semua pihak terutama pihak keamanan (Polri dan TNI).

Diakuinya, cara umum Pilkades serentak bergelombang yang ke-2 ini berlangsung aman dan sukses, meskipun di beberapa desa muncul dinamika politik. Sampai Kamis (20/12) jam 24.00 Wita tadi malam sebagian besar telah selesai melakukan penghitungan suara. Sedangkan di beberapa desa masih melanjutkan proses penghitungan suara Jumat (21/1)  sesuai kesepakatan  para calon dan panitia setempat". Beberapa desa yang sepakat melanjutkan di hari  Jumat seperti Parangina Sape, Renda Kecamatan Belo dan beberapa desa lainnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.