Header Ads

Tahun 2019, Dana Transfer Kabupaten Bima Rp1,55 T


Mataram, Garda Asakota.-

Malam puncak peringatan HUT ke-60 Provinsi NTB yang berlangsung  Senin malam (18/12) di halaman kantor Gubernur NTB selain dilakukan penyerahan penghargaan WTP kepada para Bupati dan Walikota, masing-masing kepala daerah juga menerima alokasi dana transfer ke daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2019.

Dalam daftar yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan RI tersebut, dana Rp.1,55 triliun tersebut terbagi dalam transfer umum senilai Rp 935,5 lebih milyar, Dana Transfer Khusus Rp. 419,2 milyar, Dana Insentif Daerah Rp. 12,2 milyar dan Dana Desa Rp185,61 Milyar.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE merinci komponen dana transfer umum tersebut mencakup dana bagi hasil pajak dan dana bagi hasil sumber daya alam. Sedangkan komponen dana alokasi umum (DAU) mencakup DAU murni formula.
Diakuinya, pada komponen dana transfer khusus mencakup dana alokasi khusus (DAK) Reguler, DAK penugasan dan DAK afirmasi dan DAK Non Fisik yang dialokasikan pada sektor pendidikan, kesehatan, sanitasi perumahan dan pemukiman, industri kecil, pertanian, kelautan perikanan, pariwisata dan sektor jalan, pasar, irigasi dan transportasi maupun Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) pendidikan, tunjangan profesi guru dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Bupati berharap dana transfer tersebut dapat mendorong percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kualitas bidang pendidikan dan kesehatan serta sektor strategis lainnya di Kabupaten Bima. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.