Header Ads

STIKES YAHYA Bima Kembali Cetak Wisudawan dan Wisudawati yang Handal


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Sekolah Tinggi Ilmu Kasehatan (STIKES) Yahya Bima kembali mencetak para Wisudawan dan Wisudawati Diploma III Kebidanan dan Strata 1 (S1) Keperawatan Angkatan ke-VII Tahun akademik 2017/2018, Sabtu (8/12) di Kampus STIKES Yahya Bima. Adapun jumlah wisudawan dan wisudawati yang akan diwisuda untuk Sarjana Strata Satu (S1) Keperawatan sebanyak 50 orang wisudawan dan wisudawati, sedangkan untuk jenjang DIII Kebidanan sebanyak 62 wisudawati.


Selain dihadiri oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, kegiatan tersebut juga dihadiri para Asisten, Kabag lingkup Setda Bima,  Pembina Yayasan STIKES Yahya Bima, Yahya, SKM. M.Kes, Keua STIKES Yahya Bima Wahidah, S.Pd, SKM, M.Kes, Sekretaris LLDIKTI Wilayah VIII Bali-Nusa Tenggara, DR. Anak Agung Ngurah Rai, para Dosen dan Pembimbing STIKES Yahya Bima, Ketua IBI Kabupaten Bima, para wisudawan dan wisudawati, para orang tua wisudawan dan wisudawati serta para undangan lainnya.

Pembina Yayasan STIKES Yahya Bima, Yahya, SKM. M.Kes, menjelaskan bahwa kegiatan wisuda yang dilaksanakan kali ini merupakan salah satu bukti pihaknya selaku Pembina Yayasan dalam rangka mencetak para wisudawan dan wisudawati yang berkualitas dan handal, sehingga selepas dari mengemyam pendidikan di Kampus ini, kedepannya para wisudawan dan wisudawati dapat mengabdi di Dinas/Intansi Pemerintahan maupun di tengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan terkait di bidang kesehatan sesuai dengan gelar disandang. "Saya menitipkan harapan agar para wisudawan dapat menerapkan ilmu yang diberikan di kampus di tengah kehidupan bermasyarakat maupun di Dinas/Intansi tempat saudara mengabdi nantinya," pesannya.

Pada kesempatan pihaknya juga memaparkan bahwa pada tahun 2019 nantinya kampus STIKES Yahya Bima akan dinaikan statusnya menjadi Akreditasi (B). Peningkatan status ini nantinya menematkan STIKES Yahya Bima sebagai salah satu kampus yang mendapatkan akreditasi tersebut di Kabupaten Bima. Dengan adanya peningkatan status ini, kata dia, kedepan pihaknya akan menerapkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi, karena para dosen yang ada di Kampus STIKES Yahya Bima merupakan dosen yang handal yang telah menempuh pendidikan yang tinggi. Bahkan diakuinya salah satu dosen yang ada di Kampus STKES Yahya Bima saat ini telah berada di Luar Negeri dalam rangka melanjutkan pendidikan. "Dan diharapkan usai melaksanakan pendidikan natinya para dosen ini akan menerapkan ilmu terhadap para Wisudawan/Wisudawati STIKES Yahya Bima demi peningkatan mutu pendidikan," tegasnya seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah melaksanakan wisuda pada hari ini. "Semoga dengan dilaksanakan wisuda saudara dapat mengabdi di tengah masyarakat maupun di tempat saudara akan mengabdi nantinya," ucap Yahya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, mengapresiasi hadirnya STIKES Yahya di Kabupaten Bima. Menurutnya, keberadaan Pergurusan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di wilayah Kabupaten Bima dimana salah satunya Perguruan Tinggi STIKES YAHYA Bima, merupakan hal yang sangat penting karena pendidikan salah satu penentu mutu Sumber Daya Manusia.

Bupati Bima berharap, dengan dilaksanakannya prosesi wisuda kali ini kepada segenap wisudawati untuk bersama-sama mencurahkan perhatiannya  sesuai keahlian masing-masing dalam rangka membangun daerah Kabupaten Bima dengan Motto Maja Labo Dahu. Oleh karena itu, kata dia, apa yang diperoleh hari ini merupakan hasil kerja keras yang memerlukan pengorbanan baik biaya maupun pikiran. "Namun, dengan gelar akademik yang telah diraih artinya saudara telah memiliki kesempatan lebih luas untuk berkiprah, meniti karier dan menata masa depan yang lebih baik," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah Bali- Nusra, DR. Anak Agung Ngurah Rai. Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan/proses wisuda yang dilaksanakan ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh para mahasiswa/mahasiswi dalam rangka meraih gelar sarjana. "Saya selaku sekretaris LLDIKTI wilayah Bali-Nusra mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah meraih title sarjana," sebutnya.

Terkait dengan persaingan antar Pergurusan Tinggi, menurut pihaknya persaingan antar Perguruan Tinggi sangat ketat, untuk itu dengan persaingan ini dibutuhkan mutu pendidikan yang baik. Namun diakuinya, keberadaan Yayasan STIKES Yahya Bima merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang handal dan berkompeten sehingga dengan tentu saja memiliki kontribusi yang besar dalam keberhasilan pembangunan kesehatan. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.